Senin 23 Jan 2023 16:55 WIB

Masjid di Garut Dibakar, Pelaku Diduga ODGJ

Pelaku masuk pukul 20.00 WIB ke mesjid, mengunci diri di mesjid dan membakarnya. 

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Kondisi masjid di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, pascakebakaran, Senin (23/1/2023). Diduga masjid itu sengaja dibakar oleh ODGJ.
Foto: Dok. Republika
Kondisi masjid di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, pascakebakaran, Senin (23/1/2023). Diduga masjid itu sengaja dibakar oleh ODGJ.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sebuah masjid di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, mengalami kebakaran pada Ahad (22/1/2023) malam. Kebakaran itu diduga disengaja oleh salah satu warga di wilayah itu.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Ahad sekitar pukul 20.00 WIB. Ketika itu, pelaku berinisial E (29 tahun) masuk ke dalam Masjid Al Hidayah yang terletak di Kampung Nagrog, Desa Lembang, Kecamatan Leles.

Baca Juga

"Kronologi kejadian, pelaku masuk pukul 20.00 WIB ke masjid dan mengunci diri di masjid. Selang beberapa jam, masjid dibakar dari dalam sekitar pukul 21.00 WIB," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Senin (23/1/2023).

Menurut Tubagus, diduga pelaku membakar karpet yang berada di dalam masjid. Api yang membakar karpet itu kemudian menjalar dan membakar bangunan masjid.

Usai peristiwa itu, pelaku sempat dihakimi massa. Namun, saat ini kejadian kebakaran itu sedang diselidiki aparat kepolisian.

"Saat ini pelaku masih diseldiki oleh aparat kepolisian. Namun diduga ODGJ. Berdasarkan keterangan warga sekitar, pelaku ODGJ," ujar Tubagus.

Dia menambahkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, atap masjid itu habis terbakar. Diperkirakan kerugian mencapai jutaan rupiah. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement