Kamis 09 Feb 2023 09:08 WIB

Taman Akuatik Kebun Raya Bogor Jadi Spot Foto Pengunjung 

Ada beragam tanaman air di Taman Akuatik Kebun Raya Bogor. 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Taman Akuatik Kebun Raya Bogor.
Foto: Shelbi Asrianti / Republika
Taman Akuatik Kebun Raya Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Taman Akuatik disebut menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Selain sebagai sarana edukasi, Taman Akuatik juga bisa menjadi spot foto pengunjung.

Kebun Raya Bogor dikelola PT Mitra Natura Raya. General Manager Corporate Communication PT MNR Zaenal Arifin mengatakan, Taman Akuatik ini sudah dirintis sejak zaman Belanda dan terus dikembangkan, juga direvitalisasi. Menurut dia, taman ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung.

“Taman akuatik berfungsi sebagai tempat hidup bagi tumbuhan-tumbuhan air. Seiring dengan berkembangnya Kebun Raya Bogor, taman ini dilakukan revitalisasi kembali agar lebih menarik minat pengunjung untuk datang,” kata Zaenal, Rabu (8/2/2023).

Zaenal menjelaskan, ada lima kolam besar di Taman Akuatik, dengan berbagai koleksi tanaman air, seperti Nymphaea lotus L, Sagittaria latifolia Willd, dan Lepironia articulata (Retz.) Domin. Ada juga koleksi tumbuhan tepi air, seperti Cyperus papyrus L, Myriophyllum aquaticum (Vell.) Verdc, dan Monochoria hastata (L.) Solms.

 

Selain itu, koleksi tumbuhan air terendam, antara lain Cyrtosperma sp, Thalia geniculata L, dan Oryza sativa L.

Zaenal mengatakan, ada juga koleksi tumbuhan air mengapung, seperti Acanthus ilicifolius L, Lasia spinosa (L.) Thwaites, dan Oryza barthii A. Chev, serta koleksi tumbuhan air campuran, di antaranya Aquarius cordifolius (L.) Christenh. & Byng, Sagittaria subulata (L.) Buchenau, dan Anubias barteri var. glabra N.E. Br.

“Tumbuhan tersebut ditata sedemikian rupa, dengan dihiasi air mancur untuk memperindah kolam,” ujar Zaenal.

Koordinator Registrasi Koleksi Kebun Raya Bogor, Mei, mengatakan, selain tanaman air koleksi, di Taman Akuatik juga terdapat tumbuhan koleksi nontanaman air dan tumbuhan nonkoleksi. Terdapat 14 jenis tumbuhan nonkoleksi. “Jika dijumlahkan, terdapat 134 jenis tanaman koleksi di Taman Akuatik,” kata Mei.

Taman Akuatik dilengkapi papan informasi yang berisi keterangan mengenai jenis tumbuhan di sana. Di Taman Akuatik juga disediakan sejumlah kursi taman berwarna putih bersih, serta fasilitas tempat duduk semitertutup, seperti gazebo.

“Hal itu dibuat, jika pengunjung lelah mengelilingi Taman Akuatik, mereka dapat bersantai di kursi putih bersih ataupun gazebo, yang biasanya dijadikan sebagai spot foto para pengunjung,” ujar Mei.

Menurut Mei, ada spot lainnya di area Taman Akuatik yang menarik untuk foto, yaitu jembatan kayu. Jembatan kayu itu lokasinya di atas danau, dengan latar belakang tumbuhan air. Jembatan itu dapat dimanfaatkan para pengunjung yang datang, baik untuk berfoto maupun menuju area lainnya. “Sehingga pengunjung mendapatkan berbagai angle saat berfoto,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement