Jumat 19 May 2023 09:24 WIB

Kawal Arak-arakan Timnas, Polisi Kerahkan 587 Personel

Dua panggung musik disiapkan panpel konvoi Timnas U22 di jalan protokol Jakarta.

Rep: Ali Mansur/Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah masyarakat terlihat antusias menanti pawai Timnas Indonesia U-22 di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jumat (19/5/2023).
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Sejumlah masyarakat terlihat antusias menanti pawai Timnas Indonesia U-22 di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jumat (19/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (Timnas) Indonesia yang menyabet medali emas di Sea Games 2023, akan diarak dari Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ke Bundaran dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Untuk mengawal arak-arakan tersebut, Polda Metro Jaya mengerahkan ratusan personel.

"Personel yang dikerahkan untuk pengamanan sebanyak 587 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada awak media, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga

Menurut Kombes Trunoyudo, ratusan personel yang dikerahkan tersebut merupakan personel gabungan dari sejumlah unsur. Kemudian pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di lokasi yang dilalui peserta arak-arakan tersebut.

"Gabungan, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, Polres Metro Jakarta Selatan, Dishub hingga Satpol PP untuk pengamanan (timnas) U-22," kata Kombes Trunoyudo.

Dua panggung musik disiapkan panpel konvoi Timnas U-22 yang akan berlangsung pagi ini di sepanjang jalan protokol utama kota Jakarta. Penyanyi Kikan, eks jebolan grup band Cokelat, dan Kamisama akan mengisi dua stage yang berada di Kantor Kemenpora dan daerah Setiabudi, Jakarta yang akan dilalui Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. 

Sederetan lagu-lagu penuh energik siap dilantunkan Kikan, antara lain, Segitiga, Gebyar-Gebyar, Tanah Air, serta tak ketinggalan Bendera. Pesta rakyat yang ikut merayakan kemenangan bersejarah medali emas SEA Games pertama dalam 32 tahun ini juga akan diramaikan berbagai macam kelompok suporter klub Liga Indonesia yang juga setia mendukung setiap laga timnas.

Menurut Sekjen Presidium Nasional Suporter Sepak bola Indonesia (PNSSI), Richard Achmad, setidaknya terdapat lebih dari 100 kelompok suporter klub yang siap turun ke jalan untuk menyambut Garuda Muda. Sukses Timnas U-22 yang meraih medali emas tepat di Perayaan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei menjadi bukti bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan terbang lebih tinggi di pentas Asia dan Dunia.

"Oleh sebab itu, saya meminta para pendukung sepakbola untuk ikut menyambut pawai Timnas U20 sebagai bentuk apresiasi kepada semua elemen sepakbola nasional, terutama para pemain muda, yang telah menunjukkan arti Kebangkitan Nasional sesungguhnya, dengan meraih prestasi tertinggi di SEA Games," ujar Richard di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement