Senin 29 May 2023 21:45 WIB

Masyarakat Diminta Waspadai PMK Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Masyarakat harus membeli hewan kurban dari sumber yang terjamin kesehatannya.

Sapi (ilustrasi). Masyarakat diminta mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.
Foto: Antara/Novrian Arbi
Sapi (ilustrasi). Masyarakat diminta mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Masyarakat diingatkan agar tetap waspada dan awas ketika membeli hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Kota Makassar Muhammad Idris Ahmad mengatakan, jangan sampai hewan kurban yang dibeli ternyata terpapar penyakit kuku dan mulut (PMK).

"Setidaknya, masyarakat harus lebih hati-hati dan disarankan agar memperoleh sapi kurban dari sumber yang lebih terjamin kesehatannya," kata Idris di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (29/5/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, masyarakat agar tidak asal pilih hewan kurban untuk disembelih menyusul ditemukannya sejumlah sapi dari berbagai daerah di Sulsel disinyalir mengidap penyakit berbahaya. Untuk itu, patut diwaspadai penularan penyakit hewan ini tidak berdampak kerugian bagi masyarakat.

Menurutnya, tentu ada syarat sah dan ketentuan yang harus dipenuhi, seperti di antaranya tidak cacat dan bebas penyakit. Untuk itu, sebagai perusahaan pemerintah pihaknya mesti memberi jaminan rasa aman kepada masyarakat agar mendapatkan sapi terbaik.

"Ini demi mencegah penularan penyakit, kami tentu tidak main-main. Kami melakukan langkah antisipasi sejak dini dengan memastikan stok sapi di RPH benar-benar telah melalui pengecekan kesehatan maksimal agar lebih terjamin dan aman," kata dia.

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan Direktorat Jenderal Peternakan Departemen Pertanian, dan 43 jenis penyakit hewan yang bersifat ekonomis. Namun ada 14 jenis penyakit hewan bersifat strategis sering muncul dan mewabah seperti Avian Influenza/Flu Burung, BEF, Rabies, SE, Anthrax, Brucellosis, Gumboro, LDS, Jembrana, Anaplasmosis, Surra, Babesiosis, ND, BVD, MCF dan IBR. Selain itu, belum lama ini ada daerah di Sulsel ditemukan sebanyak 303 ekor sapi terjangkit virus Jembrana, penyakit surra, lumpy skin disease (LDS), dan PMK juga masih banyak ditemukan menjangkiti sapi potong para peternak.

Dari sejumlah kasus tersebut, kata dia, di RPH tentu tidak ingin mengambil resiko. Karena itu pihaknya telah melengkapi setiap ekor sapi untuk kebutuhan kurban dengan barcode. Tujuannya, masyarakat bisa langsung mengecek sapi yang siapkan telah melalui berbagai tahapan pemeriksaan kesehatan, termasuk catatan pemberian vaksin.

Idris mengatakan, paling lambat 5 Juni 2023 masyarakat sudah dapat mem-booking, memilih, atau pun melihat langsung sapi milik RPH. Semua sudah dilengkapi barcode yang berisi riwayat kesehatan setiap ekornya. "Sementara ini kami siapkan sebanyak 700 ekor. Tahap awal, sebanyak 150 ekor sudah kita siapkan di 5 Juni nanti. Sisanya, masih proses karantina dan pemeriksaan kesehatan. Jadi akan kami datangkan secara bertahap untuk memenuhi kuota sapi kurban di Makassar," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement