Selasa 17 Oct 2023 12:31 WIB

Berebut Suara di Jawa Tengah

Total populasi Jawa Tengah mencapai 16 persen.

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Denny Januar Ali, menilai, akhirnya Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon wakil presiden (cawapres), hal itu karena kalkulasi elektoral yang cermat. Ia berkata, di Pilpres 2024, Jawa Tengah merupakan provinsi dengan total populasi sekitar 13,39 sampai 16 persen sehingga menjadi rebutan.

Jika Gibran menjadi cawpres, diyakini bisa membawa suara dari Jawa Tengah dan pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi. "Persentase itu tergantung cara menghitungnya, dari basis populasi umum atau basis daftar pemilih tetap," kata Denny JA, Selasa (17/10/2023).

Denny menjelaskan, satu provinsi dengan populasi 13,39-16 persen, itu sangat besar, terutama suara Ganjar sangat dominan di Jateng mengalahkan Prabowo di atas 20 persen.

Selain itu berdasarkan survei LSI Denny JA bulan September 2023, total jumlah segmen milenial sebanyak 48,5 persen. Gibran jika maju menjadi cawapres juga berpotensi membawa suara bagi pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Meskipun Jokowi tidak mengatakan secara eksplisit siapa capres yang didukungnya. "Jumlah populasi, mereka yang puas dengan Jokowi, sebanyak 70-80 persen," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement