Kamis 23 Nov 2023 06:59 WIB

Minat Masyarakat Bandung ke Mobil Listrik Tinggi

Bandung punya potensi berbeda untuk mobil listrik.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Pameran mobil listrik di GAIKINDO Indonesia  International Autoshow (GIIAS) Bandung 2023.
Foto: dok. Republika
Pameran mobil listrik di GAIKINDO Indonesia International Autoshow (GIIAS) Bandung 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Minat masyarakat Bandung terhadap mobil listrik tinggi. Hal tersebut terlihat pada kontribusi penjualan mobil listrik Wuling Motors di Bandung ini juga dominan. 

"Untuk kontribusi penjualan Wuling Air ev di Bandung sampe 40 persen. Jadi, kayanya memang Bandung punya potensi berbeda untuk mobil listrik ini," ujar PR Manager Wuling Motors, Brian Gomgom, kepada wartawan Rabu (22/11/2023).

Brian mengatakan, Wuling Air ev itu sendiri penjualan retail sales dari Januari - Oktober 2023 di Bandung kontribusinya sampai 40 persen lebih. Untuk di Bandung sendiri, kata dia, penjualan dari Januari-Oktober (retail sales) totalnya di 824 unit, dimana 42 persen (353 unit) nya itu Wuling Air ev. 

"Kita lihat yah di bulan-bulan ke depannya pasti akan bertumbuh, terutama kita luncurkan Wuling Binguo ev ini. Kita berharap akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

 

Harapannya, kata dia, Wuling Binguo ev ini bisa jadi modal mobil listrik yang cocok untuk konsumen. Karena di Tiongkok nya sendiri mobil ini diluncurkan Maret 2023 dan sampai bulan Oktober 2023 terjual 120.000 unit. 

"Jadi harapan kita akan lebih besar dan kalau lihat antusiasmenya kemarin juga hari ini sepertinya berbeda, ini akan menjadi besar," katanya.

Terkait pogram subsidi mobil listrik dari pemerintah pada mobil Wuling Binguo ev, kata dia, akan diumumkan saat launching nanti. Untuk sekarang Wuling Air ev ini sudah mengikuti subsidi dari pemerintah. 

Saat ini, kata dia, penjualannya sendirian secara nasional, Wuling Air ev dari setiap seriesnya itu mencapai 6.300 unit dari Januari-Oktober 2023. Hal ini, bisa terjadi karena ada juga dorongan insentif dari pemerintah agar berubah ke mobil listrik. 

"Di Bandung sendiri itu sampai 40 persen kontribusi penjualannya ke Wuling. Jawa Barat sendiri penjualan retail sales nya itu 2.694 unit dan Bandung nya itu 824 unit," katanya.

Di perhelatan GAIKINDO Indonesia 

International Autoshow (GIIAS) Bandung 2023 ini, kata dia, pihaknua menampilkan eksterior dan interior dari BinguoEV. Serta sudah membuka pemesanan. Selain menghadirkan mobil listrik terbarunya, Wuling turut membawa serta deretan lini produk andalan lainnya, seperti New Almaz RS Pro Hybrid, Alvez, Air ev sampai dengan 26 November mendatang.

“Setelah Wuling mengumumkan tampilan dari BinguoEV secara perdana pada hari Kamis lalu, maka dalam kesempatan ini kami membawa serta mobil listrik terbaru Wuling ke GIIAS Bandung untuk menyapa masyarakat Bandung dan sekitarnya," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement