Selasa 09 Jan 2024 18:53 WIB

Viral Pj Bekasi Pamer Jersei 02, Pemprov Jabar Minta Bawaslu Bertindak

Pemprov Jabar akan mengecek langsung bagaimana kronologi dugaan pelanggaran pemilu.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Jabar Taufik Budi Santoso
Foto: Humas Pemprov Jabar
Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Jabar Taufik Budi Santoso

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Bawaslu menindak dugaan pelanggaran pemilu pada Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhammad, beserta belasan Camat. Karena, mereka pamer jersey nomor punggung 02 yang viral di media sosial. 

Selain Pj Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad, ASN yang tampak dalam foto itu ada Kepala Satpol PP Kota Bekasi, Pimpinan BJB Kota Bekasi, dan 10 camat se-Kota Bekasi. Menanggapi hal itu, Penjabat Sekda Jawa Barat Taufiq Budi Santoso mengatakan, dugaan pelanggaran ini telah diproses oleh Bawaslu Bekasi. 

Baca Juga

"(Teguran, Red) itu kan, masuk Bawaslu dan mekanismenya di Bawaslu," ujar Taufiq kepada wartawan di Gedung Sate, Selasa (9/1/2024). 

Taufiq mengatakan, Pemprov Jabar akan mengecek langsung bagaimana kronologi dugaan pelanggaran pemilu pada belasan Camat Pemkot Bekasi itu. Karena, Pj Gubernur sudah sejak jauh jauh hari mengimbau agar ASN  netral dalam Pemilu 2024.

"Nanti akan saya cek yah. Tapi intinya kita terus menjaga, Pak Gub juga terus meningkat untuk kita para ASN terutama harus menjaga netralitas dan itu sudah ada ketentuan peraturan bersama KPU dan Bawaslu," paparnya. 

Selain itu, Taufiq juga menyinggung soal surat edaran netralitas aparatur negara yang dikeluarkan sejak beberapa waktu lalu. Seharusnya, camat dan jajaran aparatur Pemkot Bekasi bisa mengerti aturan dan menaati hal itu. 

"Pak Gub sudah mengirimkan surat edaran pada semua pihak khususnya pemerintah provinsi maupun kabupaten kota untuk menjaga netralitas ini. Jadi itu mohon ditaati semua ASN di provinsi maupun kabupaten dan kota," katanya.

Perlu diketahui, foto viral Pj Wali Kota Bekasi dan camat viral di media sosial. Dalam foto ini mereka memamerkan jersei dengan nomor punggung 02 dalam masa kampanye capres. Adapun nomor dua ini merupakan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement