Senin 15 Jan 2024 22:16 WIB

KPU: Debat Keempat Digelar di JCC

JCC dipilih karena alasan ketersediaan lokasi.

Komisioner KPU RI August Mellaz.
Foto: Republika/Febryan A
Komisioner KPU RI August Mellaz.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menentukan tempat debat keempat Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang mempertemukan para calon wakil presiden (cawapres) akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC). Debat akan digelar pada Ahad (21/1/2024).

"Debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari (2024) akan dilaksanakan di JCC," kata Komisioner KPU RI August Mellaz saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Baca Juga

Mellaz menyebut JCC dipilih karena alasan ketersediaan lokasi (venue) dan para tim pasangan calon telah familiar sebab debat kedua yang mempertemukan cawapres pada Jumat (22/12/2023) juga digelar di lokasi yang sama.

"Kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena availability tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim pasangan calon sangat familiar dengan tempat itu," ujarnya.

Persiapan teknis debat, kata Mellaz, masih dalam penyelesaian. KPU RI telah merencanakan pertemuan akhir dengan tim pasangan calon dan media penyelenggara untuk finalisasi keseluruhan.

"Jadi, nanti hari Rabu (17/1/2024), kami akan umumkan sebagaimana kebiasaan yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan debat. Mulai dari moderator, panelis, tema, segala macam," tuturnya.

Ia juga menegaskan bahwa debat keempat tidak mengalami perubahan format apa pun, selain perubahan tema. Adapun tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

"Tema yang nanti di debat keempat itu akan berpengaruh dengan penentuan panelis-panelis karena yang kita cari kan kompetensi dari panelis. Kalau dari sisi pelaksanaan debat, mulai dari 150 menit (total durasi debat): 30 menit itu untuk jeda iklan; 120 menit untuk debat on air-nya, ya, dan dimulai pukul 19.00 kemudian dibagi dengan enam segmen itu akan sama di situ," papar dia.

Terkait panelis, dia memastikan KPU memilih sosok yang memiliki kompetensi, sehingga tidak ada kaitannya dengan kedekatan terhadap pasangan calon tertentu. Ia pun menyebut KPU tidak mendapatkan protes terkait pemilihan panelis dari tiga debat sebelumnya.

"Enggak (tidak ada diprotes). Sama sekali tidak. Tidak, kok. Bahwa itu ada catatan, tapi sebenarnya kita bisa pastikan bahwa semuanya itu kan kalau lihat pengalaman debat pertama, kedua, ketiga, semuanya on the track (berada pada jalurnya, Red), kok,” ucap Mellaz.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement