Sabtu 10 Feb 2024 21:22 WIB

Pendukung Prabowo Pingsan Saat Kampanye Akbar di GBK, TKN: Semua Tertangani

TKN Prabowo-Gibran menjamin pendukung yang pingsan sudah tertangani dan bisa pulang.

Rep: Febryan A/ Red: Qommarria Rostanti
Pendukung capres nomor urut 2 Prabowo Subianto memadati kawasan GBK, Jakarta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pendukung capres nomor urut 2 Prabowo Subianto memadati kawasan GBK, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, mengatakan pihaknya kini masih mendata jumlah pendukung yang pingsan dalam acara kampanye akbar Prabowo-Gibran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (10/2/2024) siang.

"Kita masih mendata ya," kata Rosan menjawab pertanyaan Republika soal total pendukung yang pingsan, di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024) malam.

Baca Juga

Ketika ditanya berapa jumlah sementara yang sudah terdata, Rosan enggan menjawab. Dia ogah menyampaikan jumlahnya sebelum pendataan selesai dilakukan.

Republika.co.id juga telah menghubungi Sekretaris TKN, Nusron Wahid untuk menanyakan jumlah pendukung yang pingsan. Namun, Nusron tak merespons.

Baik Rosan maupun Nusron hanya mengatakan bahwa semua pendukung yang pingsan sudah ditangani dengan baik oleh tim medis. Rosan menyebut, semua pendukung yang pingsan sudah pulih dan kembali ke rumah masing-masing.

"Alhamdulillah, semua yang pingsan tertangani dan bisa pulang semua," ujar Rosan.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di Stadion Utama GBK pada Sabtu siang, terdapat 20 lebih pendukung yang jatuh pingsan. Beberapa di antaranya kehilangan kesadaran saat Prabowo berpidato.

Alhasil, Prabowo sempat beberapa kali berhenti pidato sejenak. Dia meminta panitia acara untuk menangani pendukung yang pingsan dan memberikan air minum kepada pendukung lainnya yang masih bertahan.

Bahkan, Prabowo sempat meminta pendukungnya untuk tidak memaksakan diri. Apabila memang sudah kelelahan akibat kepanasan diterpa terik matahari siang, maka sebaiknya pergi ke luar stadion untuk beristirahat.

Kendati begitu, puluhan ribu pendukung yang hadir tetap bertahan. Prabowo lantas memperpendek durasi pidatonya. "Panas sampai pingsan, saudara-saudara masih setia. Saudara sudah satu hati dengan kami," kata Prabowo kepada pendukung yang hadir, yang dia klaim sebanyak 600 ribu orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement