Kamis 15 Feb 2024 16:29 WIB

Libur Panjang, Pengunjung Goa Sunyaragi Capai Ribuan Kebanyakan dari Ciayumajakuning

Pengunjung masih didominasi dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kunjungan wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon mengalami peningkatan saat libur Natal 2023.
Foto: Dok Humas BPTAGS
Kunjungan wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon mengalami peningkatan saat libur Natal 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--- Masa libur panjang Isra Miraj dan perayaan Imlek 2024 pada akhir pekan kemarin, membuat sejumlah objek wisata mengalami peningkatan pengunjung. Salah satunya objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi. Menurut Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon, Eko Ardi Nugraha, peningkatan pengunjung di Goa Sunyaragi itu sudah terlihat sejak Kamis (8/2/2024). Pada hari pertama libur peringatan Isra Miraj itu, jumlah pengunjung mencapai 585 orang.

Pada hari kedua atau Jumat (9/2/2024), jumlah pengunjung mencapai 559 orang dan Sabtu (10/2/2024) 512 orang. Sedangkan pada Ahad (11/2/2024) sebanyak 202 pengunjung. ‘’(Kenaikan jumlah pengunjung) hampir 20 persen,’’ ujar Eko, Kamis (14/2/2024).

Baca Juga

Eko mengatakan, selama libur dan cuti bersama empat hari pada 2023 lalu, jumlahnya sekitar 1.500-an orang. Namun pada momen libur yang sama tahun ini, jumlah pengunjung totalnya sekitar 1.800 orang.

Menurut Eko, pengunjung masih didominasi dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning). Kebanyakan adalah rombongan keluarga berjumlah dua hingga delapan orang. ‘”Ada beberapa pengunjung yang dari luar wilayah (Cirebon), meski jumlahnya tidak sebanyak jika libur lebaran (Idul Fitri) atau nataru (Natal dan Tahun Baru),’’ kata Eko.

Eko menilai, peningkatan jumlah pengunjung di Goa Sunyaragi karena banyak masyarakat yang mendapat cuti bersama di akhir pekan kemarin. Karenanya, mereka memanfaatkan waktu libur panjang itu untuk berwisata bersama keluarga.

‘’Sempat tanya ke pengunjung, kebanyakan mereka dapat cuti, jadi bisa jalan-jalan. Padahal dalam beberapa hari kemarin, cuaca tidak mendukung (hujan), tapi tidak menyurutkan mereka untuk datang ke Goa Sunyaragi,’’ katanya.

Di masa libur panjang akhir pekan kemarin, BPTAGS pun tidak menaikan harga tiket masuk ke objek wisata Goa Sunyaragi Cirebon. Adapun untuk harga tiket, untuk umum sebesar Rp 15 ribu dan pelajar/mahasiswa sebesar Rp 10 ribu.

Sedangkan waktu operasional Goa Sunyaragi, mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. ‘’Kami juga ada tarif foto prewedding sebesar Rp 250 ribu, dengan free masuk sepuluh orang dan dengan waktu tidak dibatasi selama jam operasional,’’ kata Eko. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement