Tak Hanya di Indonesia, Beberapa Negara Juga Berbeda Penetapan 1 Ramadhan

Red: Gita Amanda

Senin 11 Mar 2024 08:34 WIB

 Tahun ini beberapa negara muslim berbeda dalam menetapkan 1 Ramadhan sebagai awal puasa.  (ilustrasi) Foto: Pixabay Tahun ini beberapa negara muslim berbeda dalam menetapkan 1 Ramadhan sebagai awal puasa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Tahun ini beberapa negara muslim berbeda dalam menetapkan 1 Ramadhan sebagai awal puasa. Di Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah menetapkan 1 Ramadhan pada Senin, sementara negara Asia umumnya berpuasa mulai Selasa.

Dilansir laman Aljazirah, para pejabat Saudi telah melihat bulan sabit dan mendeklarasikan Ramadhan bagi 1,8 miliar umat Islam di dunia. Pada Ahad (10/3/2024) malam, televisi pemerintah Saudi melaporkan Senin sebagai hari pertama puasa.

Baca Juga

Mengikuti Saudi, banyak negara Teluk Arab seperti Irak, Suriah dan Mesir juga menetapkan puasa pada hari Senin (11/3/2024). 

Namun, beberapa negara di Asia-Pasifik seperti Australia, Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura menyatakan belum berhasil melihat hilal pada Ahad. Mereka mengatakan akan memulai Ramadhan pada Selasa (12/3/2024).

Oman yang terletak di ujung paling timur Semenanjung Arab juga mengumumkan Ramadhan pada Selasa. Begitu juga dengan Yordania yang berpuasa pertama pada Selasa.

Di Iran menurut kantor berita pemerintah IRNA, Kantor Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamaenei juga mengumumkan 1 Ramadhan akan dimulai pada Selasa.

Penentuan 1 Ramadhan memang kerap kali berbeda-beda di setiap negara karena berbeda metode penentuan hilal. Ada beberapa yang melihat lebih awal ada pula yang lebih lambat.

 

Terpopuler