Senin 01 Apr 2024 21:01 WIB

Jelang Lebaran, Ramp Check Digelar di Terminal Harjamukti

Ramp check merupakan upaya serius dan komitmen bersama mempersiapkan angkutan Lebaran

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas menginspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (Rampcheck) pada pengemudi dan armada bus di Terminal
Foto: ANTARAFOTO/Maulana Surya
Petugas menginspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (Rampcheck) pada pengemudi dan armada bus di Terminal

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON---Jelang arus mudik Idul Fitri 2024, kegiatan ramp check diadakan di Terminal Tipe A Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (1/4/2024). Ramp check kendaraan dilakukan sebagai upaya meningkatkan keselamatan transportasi menjelang masa mudik Lebaran tahun 2024. Selain itu, guna memastikan terjaminnya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) khususnya angkutan umum penumpang.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, melihat langsung kesiapan dan pengujian angkutan Lebaran, khususnya bus, di terminal tersebut. Menurut Agus, ramp check merupakan upaya serius dan komitmen bersama dalam mempersiapkan angkutan Lebaran yang aman, lancar, dan nyaman bagi seluruh masyarakat. ‘’Selain pengujian angkutan, para supir bus juga dicek kesehatannya,’’ kata Agus.

Baca Juga

Agus mengatakan, pihaknya ingin memastikan hal-hal teknis terkait kesiapan armada angkutan Lebaran. Mulai dari pengamanan, pelayanan kepada masyarakat, hingga upaya meminimalisasi kemacetan dan kecelakaan selama periode mudik dan arus balik labaran.

Agus juga mengimbau untuk para penumpang yang ingin menggunakan bus sebagai angkutan Lebaran, dapat datang langsung ke Terminal Tipe A Harjamukti. ‘’Langsung beli tiket di loket. Sarana dan prasarana semua sudah siap, termasuk kantin yang juga kita lakukan pemeriksaan kesehatan, sehingga para penumpang bisa aman dan nyaman saat di terminal ini,’’ kata Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, Terminal Tipe A Harjamukti menjadi alternatif tempat untuk para penumpang angkutan Lebaran. Untuk itu, perlu adanya ramp check. ‘’Kami bekerja sama dengan Dishub Provinsi juga untuk selalu mengedepankan keselamatan, melalui uji kelayakan secara teknis dan administratif, serta kesehatan bagi para pengemudi," kata Andi.

Setelah berhasil melewati ramp check, kata Andi, maka kendaraan akan diberikan tanda khusus berupa stiker yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

‘’Kami terus berupaya agar pelayanan angkutan Lebaran tahun ini bisa melayani masyarakat semaksimal mungkin, serta memastikan kendaraan yang beroperasi memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan,’’ kata Andi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement