Sabtu 06 Apr 2024 08:08 WIB

Puncak Arus Mudik di Terminal Bus Tanjung Priok Diprediksi Terjadi Hari Ini

Bus-bus dari Terminal Tanjung Priok memiliki rute pendek, sedang, dan panjang.

Pemudik menaikan barang bawaannya ke dalam bagasi bus di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (3/4/2024). Seminggu menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, jumlah  penumpang di Terminal Tanjung Priok berangsur naik hingga 30 persen dari hari biasanya dengan rata-rata tujuan akhir ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pemudik mengaku memilih berangkat mudik lebih awal lantaran menghindari harga tiket bus yang berangsur naik. Sementara Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik tahun ini mencapai 193,6 juta orang atau mengalami kenaikan hingga 60 persen dari tahun lalu yang berjumlah 123,8 juta orang pemudik. Kemudian, untuk puncak  arus mudik Lebaran 2024 diprediksi akan terjadi pada tanggal 5-7 April mendatang.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemudik menaikan barang bawaannya ke dalam bagasi bus di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (3/4/2024). Seminggu menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, jumlah penumpang di Terminal Tanjung Priok berangsur naik hingga 30 persen dari hari biasanya dengan rata-rata tujuan akhir ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pemudik mengaku memilih berangkat mudik lebih awal lantaran menghindari harga tiket bus yang berangsur naik. Sementara Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik tahun ini mencapai 193,6 juta orang atau mengalami kenaikan hingga 60 persen dari tahun lalu yang berjumlah 123,8 juta orang pemudik. Kemudian, untuk puncak arus mudik Lebaran 2024 diprediksi akan terjadi pada tanggal 5-7 April mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak arus mudik di Terminal Bus Tanjung Priok Jakarta Utara menuju sejumlah daerah diprediksi terjadi pada Sabtu (6/4/2024). Pada Jumat (4/4/2024), ada 53 bus yang berangkat dari terminal ini.

"Prediksi kami memang puncak mudik terjadi hari ini dan besok pada Sabtu karena itu waktu yang pas untuk pulang ke kampung halaman," kata staf Dinas Perhubungan Terminal Bus Tanjung Priok, Said M di Jakarta, Jumat (4/4/2024) malam.

Baca Juga

Said mengatakan pada Jumat, total 53 bus yang berangkat dari Terminal Tanjung Priok dengan 678 penumpang. Sementara untuk bus yang datang ada sebanyak 62 unit dengan membawa 285 penumpang.

Menurut dia bus dari Terminal Tanjung Priok ini memiliki sejumlah rute ada rute pendek, ada rute sedang dan rute panjang. Untuk rute pendek, katanya ada ke Banten dan rute sedang ke Jawa Barat dan untuk rute jauh ke Jawa Timur bahkan ke Pulau Sumatera.

Selain itu pihak Terminal Bus Tanjung Priok juga melakukan pemeriksaan terhadap fisik kendaraan bus yang akan berangkat. Menurut dia, sejumlah bus yang datang akan diperiksa kondisi sebelum berangkat dan sejauh ini semua laik jalan.

"Kami juga memeriksa kesehatan sopir yang akan membawa penumpang dan ini bertujuan untuk keselamatan dalam perjalanan," kata dia.

Sebelumnya Kasi Operasional Kepala Seksi Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kasi Ops LLAJ), Ikhwan Purnama mengatakan sudah melihat terjadi peningkatan jumlah penumpang yang ada di Terminal Tanjung Priok pada hari ini.

"Adanya peningkatan ini membuat kami menurunkan personel melakukan pengawasan di lapangan agar mudik berjalan lancar," kata dia.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement