Selasa 09 Apr 2024 15:12 WIB

Polresta Bandung Buka Layanan Penitipan Kendaraan Selama Arus Mudik

Petugas akan menjaga kendaraan 1x24 jam.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Penitipan Kendaraan
Penitipan Kendaraan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Polresta Bandung membuka layanan penitipan kendaraan sepeda motor maupun mobil bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik selama arus mudik dan balik Lebaran 1445 Hijriah. Dengan begitu, diharapkan kendaraan milik masyarakat tetap terjaga dan aman.

"Kami mengimbau sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat atau pemudik yang ingin menitipkan kendaraan di polsek atau di polres dipersilahkan," ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo belum lama ini.

Baca Juga

Sejak tahun 2023, kata dia, telah menggelar program tersebut. Sehingga saat ini masyarakat sudah terinformasikan dengan baik melalui bhabinkamtibmas dan media sosial. "Bagi warga masyarakat pemudik yang meninggalkan kendaraan dan tidak bisa dimasukkan ke rumah daripada kendaraan di tinggal di luar rumah lebih baik dititipkan di polres dan polsek," katanya

Kusworo meminta, masyarakat yang hendak menitipkan kendaraan di polsek atau di polres dapat menunjukkan identitas diri serta bukti kepemilikan kendaraan. Selain itu, kendaraan dapat dikunci ganda.

Kusworo mengatakan petugas akan menjaga kendaraan 1x24 jam. Program tersebut bersifat gratis dan berlangsung selama operasi ketupat lodaya. "Biaya free, sampai tanggal 16 April," kata dia.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengungkapkan puncak arus mudik kendaraan yang melintas di Jawa Barat bakal berlangsung sejak h-4, h-3 dan h-2 Lebaran 1445 Hijriah. Tanggal tersebut mengacu kepada prediksi libur Lebaran 1445 Hijriah yang mulai sejak tanggal 8 April.

"Puncak mudik ini terjadi mulai h-4, h-3 dan h-2, kalau dihitung h-4 jatuh di hari Sabtu. Puncak mudik terjadi tanggal 6 Sabtu, tanggal 7 Ahad dan tanggal 8 Senin," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo, Rabu (27/3/2024).

Namun begitu, ia mengatakan diperkirakan sejak Jumat tanggal 5 April sebagian pemudik sudah berangkat menuju kampung halaman. Sedangkan arus baik diprediksi terjadi Sabtu tanggal 13 April, Ahad tanggal 14 April dan Senin tanggal 15 April.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement