Rabu 17 Apr 2024 06:22 WIB

Ini Lima Destinasi Wisata di Majalengka Paling Banyak Diserbu Pengunjung

Terdapat 186 obyek wisata

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Situ Cipanten, Majalengka, Jawa Barat
Foto: Istimewa
Situ Cipanten, Majalengka, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA--- Di masa libur lebaran Idul Fitri, sejumlah objek wisata di Kabupaten Majalengka diserbu pengunjung. Bahkan, lonjakan jumlah wisatawan pada musim libur lebaran tahun ini mencapai 300 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Di Kabupaten Majalengka, terdapat 186 obyek wisata, baik alam maupun buatan. Dari ratusan objek wisata itu, kebanyakan wisatawan memilih kolam renang dan wisata alam sebagai tujuan favorit liburan mereka. Penjabat (PJ) Bupati Majalengka, Dedi Supandi, menyebutkan, ada lima destinasi wisata yang mengalami peningkatan kunjungan paling tinggi selama liburan Idul Fitri 2024. 

Baca Juga

Pertama, Jembar Waterpark. Berdasarkan data dari 5 hingga 14 April 2024, tercatat ada 20.307 orang yang datang ke objek wisata tersebut. ‘’Itu artinya sudah meningkat 4.033 pengunjung dibandingkan tahun lalu,’’ kata Dedi, Selasa (16/4/2024).

Dedi menyebutkan, destinasi wisata kedua yang paling banyak dikunjungi adalah Situ Cipanten. Bahkan, dia juga meninjau secara langsung destinasi wisata tersebut.

Dedi menjelaskan, pada musim libur lebaran tahun ini, wisatawan yang datang ke Situ Cipanten mencapai 19.749 orang. Angka itu meningkat 3.188 pengunjung dibandingkan tahun lalu. 

Adapun tiga destinasi wisata lainnya yang secara signifikan mengalami peningkatan kunjungan adalah Terasering Panyaweuyan, yakni sebanyak 13.504 orang. Jumlah itu naik 7.420 dibandingkan tahun lalu.

Destinasi wisata keempat yang menjadi lokasi favorit pengunjung adalah Tirta Indah. Objek wisata itu dikunjungi oleh 10.340 wisatawan pada musim libur lebaran tahun ini, atau meningkat 2.864 orang dibandingkan tahun lalu. 

‘’Objek wisata kelima (yang paling banyak dikunjungi) itu Aryakiban Land, tahun ini mencapai 10.150 pengunjung. Artinya mengalami peningkatan 1.015 daripada tahun lalu,’’ kata Dedi.

Dedi mengatakan, data jumlah kunjungan wisatawan ke Majalengka tersebut hanya sementara. Hal itu mengingat pendataan baru terhitung dari 5 hingga 14 April 2024. Karenanya, hingga hari ini ada kemungkinan data tersebut masih bertambah lagi.

‘’Yang pasti, adanya peningkatan kunjungan wisatawan di seluruh destinasi wisata dalam rata-rata setiap harinya selama liburan Idul Fitri 2024 ini menjadi berita baik untuk Majalengka. Semoga kedepan terus bertambah dengan ditunjang sarana dan prasarana yang lebih berkembang,’’ kata Dedi.

Dedi mengatakan, kunjungan wisatawan di seluruh destinasi wisata di Majalengka pada musim libur lebaran tahun ini melonjak hingga di angka 300 persen. Hal itu menandakan objek wisata di Majalengka kian diminati. 

‘’Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman media, teman-teman penggiat medsos, dan beberapa konten kreator yang selama ini saya lihat selalu mempopulerkan Majalengka. Dan terlihat dampaknya terjadi kenaikan (kunjungan wisatawan),’’ kata Dedi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement