Jumat 19 Apr 2024 17:06 WIB

Selama Libur Lebaran 103.062 Wisatawan Kunjungi Indramayu, Ini Objek Wisata Paling Favorit

Objek wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Tirta Ayu Balongan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Objek wisata Pantai Tirtamaya, Indramayu, Jawa Barat
Foto: Dedhez Anggara/ANTARA
Objek wisata Pantai Tirtamaya, Indramayu, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU----Sejumlah objek wisata di Kabupaten Indramayu dipadati pengunjung selama masa libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. Objek wisata pantai masih menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, kunjungan wisatawan ke objek wisata di Kabupaten Indramayu selama libur lebaran mencapai 103.062 orang. Para wisatawan tersebut mengunjungi destinasi wisata alam maupun buatan yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Baca Juga

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana mengatakan, terdapat 14 lokasi objek wisata yang menjadi pemantauan Dispara selama masa libur lebaran. ‘’Ke-14 objek wisata itu paling banyak dikunjungi wisatawan,’’ ujar Aan, Jumat (19/4/2024).

Adapun 14 objek wisata tersebut adalah Pantai Balongan Indah (Bali 2), Pantai Karangsong, Pantai Tirtamaya, Kolam Renang 3 Bintang Firdaus dan Pantai Tirta Ayu. Selain itu, Waterboom Tirta Djaya, Djoyland, Kolam Renang Agung Fantasi. Pantai Glayem, Pantai Plentong, Pantai Junti (Laut Biru), Kolam Renang Tirtanadi, Agrowisata Situ Bolang, dan Waterpark Tirta Pesona.

Aan merinci, dari 14 objek wisata tersebut, yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Tirta Ayu Balongan, dengan jumlah pengunjung 30.016 wisatawan.

Selanjutnya, Kolam Renang 3 Bintang Firdaus di Kecamatan Terisi dengan jumlah pengunjung 23.689 wisatawan, Pantai Plentong di Kecamatan Sukra dengan jumlah pengunjung 8.907 wisatawan, Pantai Tirtamaya di Kecamatan Juntinyuat dengan jumlah pengunjung 7.879 wisatawan, dan Waterpark Tirta Pesona di Kecamatan Juntinyuat dengan jumlah pengunjung 5.524 wisatawan.

‘”Meningkatnya kunjungan wisatawan ini tak lepas dari masifnya pengelola wisata dalam melakukan promosi wisata dan terus melakukan berbagai inovasi,’’ kata Aan.

Selain itu, kata Aan, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga terus melakukan pembinaan terhadap para pelaku wisata. Hal itu bertujuan agar mereka bisa menerapkan prinsip Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement