Jumat 26 Apr 2024 08:11 WIB

Warga Kuningan Tangkap Ular Piton Seberat 11 Kilogram

Ular tangkapan warga kemudian diserahkan ke pemadam kebakaran.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Seekor ular piton dievakuasi (Ilustrasi)
Foto: Dok Damkar Kuningan
Seekor ular piton dievakuasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN---Sejumlah warga di Kelurahan Cigintung, Kecamatan/Kabupaten Kuningan, berhasil menangkap seekor ular sanca kembang (Python Reticulatus). Ular yang juga dikenal dengan sebutan ular piton itu kemudian dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran setempat.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Andri Arga Kusumah, menjelaskan, keberadaan ular piton itu awalnya dilihat oleh sejumlah petani yang sedang panen padi di sawah. ‘’Ketika sedang memanen padi, seorang warga tiba-tiba melihat ada seekor ular di depannya,’’ ujar Andri, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga

Keberadaan ular itupun membuat warga yang ada di lokasi menjadi terkejut. Mereka khawatir, ular itu bisa membahayakan keselamatan mereka. Untuk itu, warga yang ada di lokasi kemudian bekerja sama menangkap ular yang berukuran cukup besar tersebut. Mereka akhirnya berhasil menangkap ular itu dan memasukkannya ke dalam karung.

Ular tersebut kemudian dibawa pulang oleh seorang warga. Selanjutnya, keberadaan ular itu dilaporkan ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan. Mendapat laporan tersebut, sejumlah petugas pemadam kebakaran mendatangi rumah warga tersebut untuk mengambil ular itu, Kamis (25/4/2024) pukul 20.45 WIB. ‘’Kami menerima ular jenis Sanca Kembang sepanjang tiga meter dan berat sekitar 11 kilogram,’’ kata Andri.

Andri menambahkan, jika dibiarkan/tidak diserahkan ke instansi yang dipimpinnya, dikhawatirkan ular tersebut dapat lepas ke permukiman dan  membahayakan warga sekitar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement