Selasa 28 May 2024 17:28 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Kota Sukabumi

Gempa bumi yang terjadi di Kota Sukabumi merupakan gempa bumi dangkal.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Gempa bumi magnitudo 4,1 mengguncang Kota Sukabumi dan sekitarnya, Selasa (28/5/2024) sekitar pukul 16.20 WIB. Titik gempa berada di laut pada jarak 83 kilometer barat daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 24 kilometer.

"Wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,1," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Selasa (28/5/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan gempa bumi yang terjadi di Kota Sukabumi merupakan gempa bumi dangkal. Diduga akibat aktivitas Sesar Cipamingkis.

Teguh Rahayu mengatakan getaran gempa bumi dirasakan di dalam rumah dan seakan seperti terdapat truk berlalu di wilayah Cipamingkis. Sedangkan di Bungbulang dan Cikelet pun turut dirasakan sebagian warga. "Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi," kata dia.

 

Ia melanjutkan BMKG belum melihat terjadi gempa bumi susulan. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. "Masyarakat tetap tenang," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement