Kamis 06 Jun 2024 12:32 WIB

Ular Piton Sepanjang Hampir Lima Meter Dievakuasi Petugas Damkar

Keberadaan ular itu dihawatirkan membahayakan warga yang beraktivitas di sekitarnya

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Seekor ular sanca kembang (Python reticulatus) (Ilustrasi)
Foto: Dok Pemadam Kebakaran Kabupaten
Seekor ular sanca kembang (Python reticulatus) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN---Seekor ular sanca kembang (Python reticulatus) sepanjang hampir lima meter ditemukan di sungai Cigolo, Dusun Ciputat, Desa Cilayung, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan. Petugas pemadam kebakaran pun diterjunkan untuk mengevakuasi ular yang dikenal memiliki gigitan dan lilitan yang mematikan tersebut.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan, Andri Arga Kusuma menjelaskan, keberadaan ular tersebut awalnya dilihat oleh dua warga setempat, Maryadi (70) dan Asep Akam (38) pada Selasa (4/6/2024). Namun, ular tersebut dibiarkan begitu saja.

Keesokan harinya, atau Rabu (5/6/2024), ular tersebut ternyata belum pergi dan masih terlihat di lokasi yang sama. Kepala dusun setempat lalu melaporkan keberadaan ular itu ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan.

‘’Keberadaan ular itu dihawatirkan membahayakan warga yang beraktivitas di sekitarnya ataupun memangsa hewan ternak milik warga,’’ ujar Andri, Kamis (6/6/2024).

 

Mendapat laporan tersebut, lima orang petugas pemadam kebakaran pun meluncur ke lokasi. Petugas pemadam kebakaran selanjutnya turun ke sungai dan mengevakuasi ular yang berukuran cukup besar tersebut.

Ular itu selanjutnya diamankan oleh petugas agar tidak dibunuh dan  tidak membahayakan warga sekitar serta memakan ternak warga. Petugas pemadam kebakaran kemudian akan menyerahkan ular tersebut ke pihak BKSDA atau komunitas pencinta reftil untuk dilepas liarkan kembali ke habitat aslinya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement