Selasa 13 Aug 2024 10:30 WIB

Akun Google Bisnis 45 Hotel di Bandung Diretas, Masyarakat Harus Waspada

Agar tidak menimbukan kerugian yang lebih besar semua masyarakat harus berhati-hati.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Hotel (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Hotel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Puluhan pengelola hotel di Kota Bandung melaporkan telah terjadi peretasan akun google bisnis, Senin (12/8/2024). Kondisi tersebut terjadi hampir menimpa hotel di sejumlah wilayah di Indonesia.

Ketua Riung Priangan dan Ketua Dewan Promosi Pariwisata Kota Bandung Arief Bonafianto mengatakan terdapat 45 hotel di Kota Bandung yang melaporkan peretasan tersebut. Ia menyebut kondisi tersebut terjadi di seluruh Indonesia. "Baru saja sudah terkonfirmasi dan melaporkan sebanyak 45 hotel," ujar Arief belum lama ini.

Baca Juga

Arief mengimbau masyarakat untuk berhati-hati. Masyarakat dapat mencari informasi yang valid terkait dengan layanan hotel melalui media sosial hotel yang bersangkutan. "Di masing masing hotel sudah memiliki deskripsi membuat disclaimer yang mencantumkan nomor hotel resminya," kata dia.

Dengan begitu, apabila terdapat nomor di luar nomor yang sudah tercantum bukan  menjadi tanggung jawab hotel. Agar tidak menimbukan kerugian yang lebih besar semua pihak mohon untuk berhati-hati.

Arief menyebut sampai saat ini belum ada laporan terkait adanya penipuan yang dialami masyarakat terkait dengan insiden ini. "Alhamdulilah sampai saat ini belum ada laporan terkait penipuan yang menimpa konsumen hotel," kata dia.

Arief bersama PHRI telah melaporkan masalah tersebut ke kepolisian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement