Ahad 12 Mar 2023 15:42 WIB

Menikmati Kopi dan Pemandangan Alam di Pasir Bentang Ciamis

Wisata alam Pasir Bentang Ciamis berada di kaki Gunung Sawal.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Suasana di wisata alam Pasir Bentang, Desa Sukamanah, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023).
Foto:

Soal fasilitas penunjang, di Pasir Bentang tersedia mushala dan toilet. 

Destinasi wisata alam dengan luas sekitar dua hektare ini dikelola Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) LMDH Sarimukti.

Salah satu pengurusnya, Dede Yuyu, mengatakan, Pasir Bentang mulai dikelola sebagai destinasi wisata sejak sekitar 2020, dengan dibangunnya kedai kopi. “Karena tempat ini cocok untuk refreshing, menyegarkan pikiran di akhir pekan sambil menikmati kopi,” ujar Dede.

 

photo
Sajian kopi di wisata alam Pasir Bentang. - (Dok. Republika)

 

Menurut Dede, pengunjung yang datang ke Pasir Bentang umumnya masih berasal dari Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya. Lokasi wisata alam ini biasanya ramai pengunjung pada akhir pekan. Bahkan, ada sejumlah pengunjung yang berkemah. Di Pasir Bentang, pada malam hari, pengunjung bisa melihat lampu-lampu di perkotaan.

Saat Republika mengunjungi Pasir Bentang, tak ada biaya tiket masuk yang diminta pengelola. Namun, pengunjung diminta ikut menjaga lokasi wisata alam itu, juga kebersihannya. Pengelola menyediakan sejumlah tempat sampah di lokasi.

Salah satu pengunjung, Annisa (31 tahun), mengaku senang berekreasi di Pasir Bentang. Apalagi lokasinya tak terlalu jauh dari rumahnya di Kota Tasikmalaya.

Jalan menuju lokasi wisata alam itu pun cenderung mudah, tinggal mengikuti arahan aplikasi navigasi. “Lokasinya mudah dijangkau, kopinya enak dan murah. Sebagaimana (wisata) alam, tempatnya enak buat mengistirahatkan pikiran,” ujar Annisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement