Ahad 12 Mar 2023 17:43 WIB

Jalan Lingkar Pantai di Pangandaran Diharapkan Permudah Akses Wisatawan

Jalan Lingkar itu diharapkan memudahkan wisatawan dari satu pantai ke pantai lainnya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melakukan soft launching Jalan Lingkar Pantai di Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Ahad (12/3/2023).
Foto: Dok. Republika.
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melakukan soft launching Jalan Lingkar Pantai di Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Ahad (12/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Kawasan wisata Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang dan Pantai Madasari di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kini terhubung dengan adanya Jalan Lingkar Pantai. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran melakukan soft launching Jalan Lingkar Pantai tersebut, Ahad (12/3/2023).

Menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, saat ini Jalan Lingkar Pantai sudah tersambung dari Pantai Pangandaran hingga Pantai Madasari. Namun, jalan dari Pelabuhan Bojongsalawe ke Bandara Nusawiru masih belum tersambung. “Anggaran sekitar Rp 121 miliar sampai Madasari. Saya kira ini tak pernah dimimpikan, namun akhirnya bisa rampung,” kata dia, Ahad.

Bupati mengatakan, keberadaan Jalan Lingkar Pantai itu diharapkan dapat memudahkan wisatawan dari satu kawasan wisata ke lokasi wisata lainnya. Sekaligus juga memecah konsentrasi wisatawan di Pantai Pangandaran. “Selama ini pengunjung terkonsentrasi di Pantai Pangandaran. Dengan lintas pantai ini, wisatawan akan lebih merata,” ujar Bupati.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari, salah satu tujuan pembangunan Jalan Lingkar Pantai ini untuk mengurai kepadatan wisatawan di Pantai Pangandaran. Dengan keberadaan jalan di sisi pantai itu, wisatawan dari Pantai Pangandaran bisa lebih mudah ke Pantai Batu Hiu, Pantai Batukaras, maupun ke Pantai Madasari.

“Pengembangan wisata itu kan salah satunya dengan pembangunan infrastruktur. Kalau dulu kan ke Batu Hiu dari Pangandaran butuh waktu 30 menit, sekarang 10 menit sampai. Selain itu, waktu tempuh dari Batukaras ke Madasari bisa 15 menit, dari yang tadinya 45 menit,” kata Tonton kepada Republika, Ahad.

Tonton mengatakan, saat ini wisatawan yang hendak pergi ke Pantai Batu Hiu dari Pantai Pangandaran atau dari Pantai Batukaras ke Pantai Madasari tak perlu lagi melintasi jalur nasional. Namun, perjalanan dari Pantai Batu Hiu ke Pantai Batukaras masih harus melalui jalan nasional. “Mudah-mudahan orang ketika ke Pangandaran akan lebih tertarik ke objek wisata pantai lainnya karena aksesnya lebih dekat,” ujar dia.bay

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement