Senin 20 Mar 2023 12:35 WIB

TPT Longsor di Utara Sukabumi Timpa Rumah, Tiga Orang Warga Luka-Luka

Akibat hujan deras menyebabkan tembok penahan tebing terbawa longsor.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Longsor tembok penahan tanah (TPT) Gang Meralaya III Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. (Ilustasi)
Foto: bpbd kota sukabumi
Longsor tembok penahan tanah (TPT) Gang Meralaya III Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. (Ilustasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor menimpa sebuah rumah di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Ahad (19/3/2023) malam. Dampaknya tiga orang warga yang ada di dalam rumaj mengalami luka-luka.

Data dari Pusdalops PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana yang terjadi di Kampung Bangkongreang RT 01 RW 04, Desa Benda, Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi ini terjadi sekitar pukul 19.15 WIB. 

''Akibat hujan deras menyebabkan tembok penahan tebing terbawa longsor,'' ujar Petugas Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria, Senin (20/3/2023).

Di mana, tembok penahan tanah (TPT) longsor menimpa satu rumah milik Ukat Sukardi (65 tahun). Longsor mengakibatkan satu ruang tamu dan kamar tertimpa material longsor dengan lebar 5 meter, panjang 10 meter, dan tinggi 8 meter.

Material longsor juga terang Sandra menimpa penghuni rumah dan kondisi korban sudah dilarikan ke rumah sakit. Dari data RT setenoat menyebutkan ada tiga orang terluka yakni dua oranh luka ringan dan satu orang mengalami luka berat.

Petugas Penanggulangan Kecamatan (P2BK) Cicurug lanjut Sandra telah berkoordinasi bersama perangkat Desa/Kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pol PP Tagana, dan relawan guna assessment ke lokasi kejadian. Selain itu memberi imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Di tempat terpisah terjadi bencana angin kencang disertai hujan deras di Kampung Arendah RT 03 RW 01 Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Ahad sore. Kejadian itu menyebabkan satu unit rumah warga mengalami kerusakan bagian atap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement