Selasa 21 Mar 2023 05:00 WIB

Tiktoker Makan Babi Baca Bismillah, Ustaz Fadlan: Harus Minta Maaf

Sebagai seorang Muslim, dia dianggap sedang mengejek ajaran Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Ustaz Fadlan Garamatan usai menjadi narasumber dalam Podcast Mozaik di Kantor Republika.co.id, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).
Foto: Republika/Muhyiddin
Ustaz Fadlan Garamatan usai menjadi narasumber dalam Podcast Mozaik di Kantor Republika.co.id, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendakwah asal Tanah Papua, Ustaz Fadlan Garamatan merespons tindakan Tiktoker Lina Mukherjee (32 tahun) yang mengunggah aktivitasnya makan babi di akun Tiktok-nya. Dalam videonya, Lina sempat membaca bismillah sebelum memakan babi. 

Menurut Ustaz Fadlan, ada dua kemungkinan orang itu membaca basmalah saat melakukan perbuatan yang diharamkan agama. Pertama, mereka berbuat karena tidak tahu. Kedua, boleh jadi mereka sengaja ingin menyakiti umat Islam dengan cara itu.

Karena itu, Ustaz Fadlan mengajak, kepada orang yang melakukan perbuatan menyimpang itu untuk kembali kepada ajaran Islam yang benar. Dia juga mendesak kepada Tiktoters itu untuk meminta maaf kepada umat Islam.

“Manfaatkan waktu, usia, umur yang Allah pinjmkan kepada kita untuk bertobat kepada Allah SWT dan tidak akan mengulangi lagi, dan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh muslim dunia bahwa itu adalah perbuatan yang tidak terpuji, maka dia harus menyampaikan permohonan maaf,” ujarnya usai menjadi narasumber dalam Podcast Mozaik di Kantor Republika, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).

Menurut Ustaz Fadlan, kalau perempuan itu sengaja membaca kalimat basmalah dengan sengaja, maka dia telah merendahkan perjalanan hidupnya. “Kalau dia sengaja menggunakaan nama Alllah, sementara Allah saja mengharamkan makanan itu, lalu menggunakan nama Allah untuk memakannya, sama sekali dia telah merendahkan perjalanan hidupnya sendiri,” ucap Ustaz Fadlan

Dia pun mengimbau, kepada seluruh umat Islam untuk selalu menjaga agamanya dengan berbuat baik. “Kalau bukan kita yang menjaga agama siapa lagi. Dan kalau tidak mulai dari skearang, kapan kita memulainya,” ucap dia.

Ustaz Fadlan menjelaskan, akhir-akhir ini mungkin banyak orang yang tidak memahami bahwa babi itu merupakan makanan yang diharamkan dalam Islam. Namun, menurut dia, selalu ada orang-orang beriman yang selalu mengingatkan kepada manusia untuk menghindari makanan haram itu.

“Ada orang yang mengatakan saya mencuri memulai dengan bismillah, saya berzina dengan bismillah, ada juga orang yang memakan babi dengan bismillah. Ini semua perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji dalam agama, pekerjaan atau perbuatan orang-orang terhina dalam hidup,” kata Ustaz Fadlan.

Tiktoker Lina Mukherjee diketahui sebagai seorang Muslim, sehingga dianggap sedang mengejek ajaran Islam. Sebelum memulai makan babi, dalam videonya dia bercerita bahwa sudah makan babi tiga kali. Pertama kali makan babi ketika sedang di Srilanka. Lina mengaku, tidak tahu jika pork dalam bahasa Inggsir artinya babi, dan setelah itu dia ingin ke masjid.

Setelah mendapat kecamatan dari warganet, muncul video klarifikasi yang dilakukan Lina. Dia mengaku saat itu sedang kelaparan dan lambung sedang sakit, sehingga memakan apa yang ada di depannya. Dia juga sempat menyinggung, jika makan babi maupun berzina karena keadaan sebagai manusia kadang bisa lupa.

"Kecuali di situ ada ajakan untuk makan, kalian boleh boikot aku, aku kan makan sendiri, it's my body, that's all. Aku happy melakukan itu," ucapnya sembari tertawa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement