Selasa 21 Mar 2023 12:51 WIB

Perampok Nasabah Bank di Bekasi Dibekuk Polisi Saat Hadiri Pernikahan

Dalam menjalankan aksinya para pelaku melengkapi diri dengan senjata tajam.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus Yulianto
Petugas menjaga para tersangka komplotan perampok nasabah bank.
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Petugas menjaga para tersangka komplotan perampok nasabah bank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jajaran Polda Metro Jaya membekuk perampok nasabah bank berinisial IR pada saat menghadiri acara nikahan di kawasan Ciawi, Bogor Jawa Barat. Dia adalah perampok spesialis nasabah bank berjumlah enam orang. Empat orang telah berhasil ditangkap. Sedangkan, dua lain berstatus buron. 

"Totalnya empat yang ditangkap. Salah satu pelaku (IR) ditangkap pada saat acara nikahan anaknya di Ciawi, Jawa Barat," ujar Kanit 2 Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Maulana Mukarom, dalam keterangannya, Selasa (21/3).

Menurut Mukarom, para pelaku beraksi di Jalan Nusantara Raya, Bulak Kapal Bekasi Timur, Bekasi, pada Jumat (3/3/), sekitar pukul 14.30 WIB. Akibat kejadian itu, seorang  nasabah harus kehilangan uangnya sejumlah Rp 80 juta usai digasak para pelaku. Dalam menjalankan aksinya, para pelaku memiliki peran berbeda-beda. 

Lebih lanjut, Mukarom mengatakan, pelaku berinisial PA sebagai eksekutor, IR berperan memantau situasi di bank. Sementara pelaku berinisial WD berpura-pura menjadi nasabah bank untuk menentukan target, dan pelaku berinisial MS bertugas memantau parkiran bank dan memberikan informasi ke tersangka PA. 

"Enam orang, dua DPO sedang kita dalami untuk pengejaraan," kata Mukarom.

Dalam menjalankan aksinya para pelaku melengkapi diri dengan senjata tajam. Adapun modus yang digunakan pelaku adalah ban kempes, lalu korban dipepet. Kemudian jika korban melakukan perlawanan, para pelaku tak segan-segan untuk melukai korban. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement