Ahad 26 Mar 2023 13:40 WIB

Cuaca Ekstrem di Bandung, Sejumlah Pohon Tumbang

Masyarakat diminta waspada potensi pohon tumbang saat kondisi cuaca ekstrem.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pohon tumbang.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
(ILUSTRASI) Pohon tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kondisi cuaca ekstrem pada Sabtu (25/3/2023) di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, dilaporkan membuat 19 pohon tumbang dan mengalami patah dahan. Pohon yang tumbang atau patah dahan ini tersebar di sejumlah lokasi.

Berdasarkan informasi dari UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Bandung, pohon yang tumbang di antaranya di ruas Jalan Soekarno Hatta, seperti di depan kampus Unibi dan depan kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat.

Kejadian pohon tumbang juga dilaporkan di ruas Jalan KH Ahmad Dahlan, depan kantor Gudang Garam, depan SPBU dan ruas Jalan Sinom yang berada di lahan pribadi, Jalan Babakan Sari Kiaracondong, serta di ruas Jalan Cidurian dan di kawasan Kompleks DPRD di Jalan Ciwastra.

Pohon yang tumbang, antara lain jenis ketapang badak, ketapang laut, lamtoro, dan flamboyan. Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan DPKP Kota Bandung, Roslina, mengimbau masyarakat, termasuk pengguna kendaraan, agar waspada akan potensi pohon tumbang saat kondisi cuaca ekstrem. “Untuk hati-hati. Kalau hujan lebih baik di rumah saja,” kata dia, Ahad (26/3/2023).

 

Menurut Roslina, pihaknya berupaya mengantisipasi atau meminimalkan potensi pohon tumbang di wilayah Kota Bandung. Salah satu upayanya melakukan pemeliharaan dengan pemangkasan. “Kami sudah antisipasi semampu kami, melakukan pemangkasan pohon setiap hari kerja,” kata Roslina.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement