Ahad 26 Mar 2023 22:14 WIB

Pemkab Garut Buka Layanan Packaging House Produk UMKM

Pelaku UMKM di Garut bisa memanfaatkan layanan Packaging House secara gratis.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Produk UMKM Garut.
Foto: Republika/Bayu Adji P
(ILUSTRASI) Produk UMKM Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, membuka pelayanan “Packaging House” bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Layanan tersebut dapat dimanfaatkan secara gratis.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Kabupaten Garut, Suhartono mengatakan, pelayanan Packaging House ini dibuka di Gedung Koperasi Produsen Mitra Usaha Parigel, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota. “Packaging House dibuka tiap hari kerja, Senin sampai dengan Jumat, bagi pelaku UMKM,” kata Suhartono, Ahad (26/3/2023).

Menurut Suhartono, saat ini pelayanan di Packaging House baru untuk desain, cetak spanduk, dan sablon. Ia mengatakan, peralatan di Packaging House ini akan dilengkapi, juga menunggu bantuan peralatan dan mesin kemasan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan pelayanan tinggal datang ke tempat Packaging House. “Gratis. Datang ke rumah kemasan, ada petugas yang melayani,” ujar Suhartono.

Namun, Suhartono mengatakan, saat ini jumlah pelaku UMKM yang dapat diberikan layanan masih dibatasi. “Sementara layanannya dibatasi dulu, 20-30 UMKM per bulan. Nanti, kalau peralatan sudah komplet, akan ditingkatkan lagi jumlah layanannya,” kata Suhartono.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Mikro dan Usaha Kecil Diskop UKM Kabupaten Garut Erni Herdiani mengatakan, Diskop UKM Garut bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk mendorong program pelayanan Packaging House. Program itu didukung Bupati Garut Rudy Gunawan dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Erni berharap pelayanan Packaging House ini bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Garut, juga koperasi. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement