Jumat 31 Mar 2023 16:46 WIB

PMI Sukabumi Gandeng Komunitas Genjot Donor Darah saat Ramadhan

Stok labu darah di PMI Kota Sukabumi disebut masih mencukupi kebutuhan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Kegiatan donor darah di Sekretariat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023).
Foto: Republika/Riga nurul iman
Kegiatan donor darah di Sekretariat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, berupaya tetap menggencarkan kegiatan donor darah saat bulan Ramadhan. Dengan semakin banyaknya donor, diharapkan stok darah di PMI Kota Sukabumi pun dapat mencukupi kebutuhan.

Biasanya pada bulan Ramadhan disebut ada penurunan donor darah. PMI Kota Sukabumi berupaya mencari cara agar donor darah tetap ada pada Ramadhan ini. Salah satu caranya dengan menggandeng komunitas dari kalangan non-Muslim.

Per Kamis (30/3/2023), di PMI Kota Sukabumi dilaporkan tersedia 120 labu darah. Stok itu dinilai masih mencukupi kebutuhan. “Alhamdulillah, stok labu darah di awal Ramadhan masih aman,” ujar Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Sukabumi Ferry Febriana, Jumat (31/3/2023).

Ferry mengatakan, mulai Jumat ini juga ada kegiatan donor darah di PMI Kota Sukabumi yang diikuti Ikatan Alumni Yuwati Bhakti (YB). Kemudian pada Ahad (2/4/2023) ada kegiatan donor darah yang digagas Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Cabang Kota Sukabumi. Selain itu, akan dilanjutkan donor darah dari kalangan wihara.

Menurut Ferry, PMI Kota Sukabumi juga akan berupaya menggencarkan kegiatan donor darah setelah pelaksanaan shalat Tarawih. Ia menyebut sudah ada perumahan warga yang berkoordinasi dengan PMI untuk kegiatan donor darah. “Harapannya donor darah ini bisa memenuhi kebutuhan warga,” kata Ferry. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement