Senin 03 Apr 2023 12:37 WIB

Gempa M 7,2 Papua Nugini Tercatat Jaringan Seismik BMKG

Hingga saat ini, gempa dengan mekanisme strike-slip ini belum ada laporan kerusakan.

Papua Nugini dilanda Gempa Bumi
Foto: Aljazirah
Papua Nugini dilanda Gempa Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa besar dengan magnitudo 7,2 di negara Papua Nugini pada Senin dini hari. Gempa ini tercatat oleh jaringan seismik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Gempa besar Papua Nugini M7,2 yang terjadi pukul 01:04:10 WIB pagi dinihari tadi tercatat dengan baik oleh jaringan seismik BMKG, ujar Kepala Pusat Gempa Buni dan Tsunami Daryono di Jakarta, Senin (2/4/2023).

 

photo
Rumah yang ambruk akibat gempa di Propinsi Hela di dataran tinggi Papua Nugini. - (Jerol Wepii/AP)

 

Daryono mengatakan, hingga saat ini, gempa dengan mekanisme geser (strike-slip) ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

Sebelumnya, menurut informasi yang dirilis melalui cuitan @infoBMKG titik gempa berlokasi di 4.44 Lintang Selatan, 143.5 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat 115 km Barat Daya Wewak, dengan kedalaman 93 km.

Usai gempa besar terjadi, gempa susulan terjadi di negara Papua Nugini dengan pusat gempa yang tidak jauh dari titik awal, dengan kedalaman 10 km.

Gempa tersebut dirasakan di wilayah Provinsi Papua, Indonesia seperti di Keerom, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Wamena, Nabire, dan Merauke.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement