REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk melalui Kantor Cabang Majalaya RO Bandung bersama PT Inti Cakrawala Citra (Indogrosir) meresmikan pembukaan Outlet Mitra Indogrosir (OMI). Peresmian Outlet Mitra Indogrosir ini dilakukan di ‘Warung Anugrah’ milik Bapak H Dede Mamun yang merupakan nasabah terbaik dan terpilih BRI Kanca Majalaya, bertempat di Perum GP Alam Sari, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (8/4/23).
Peresmian Outlet Mitra Indogrosir ‘Warung Anugrah’ ditandai dengan mengunting pita oleh Ibu Hj Dede Mamun didampingi Asisten Vice Presiden Divisi MSM BRI Asep Nugraha Sukma, Branch Office Head BRI Majalaya Dudung Hardiman, dan Business Development Manager Indogrosir Triardi Kresna.
Menurut Branch Office Head BRI Majalaya Dudung Hardiman, peresmian Outlet Mitra Indogrosir ‘Warung Anugrah’ merupakan Mitra Binaan BRI yang terpilih dan terbaik dalam mengelola transaksi bisnis dan keuangannya.
"Program OMI ini, merupakan kegiatan pengembangan usaha masyarakat mikro berbentuk kemitraan antara mitra BRI yaitu agen BRILink maupun Kemitraan PT Inti Cakrawala Citra (Indogrosir) berupa OMI," ujar Dudung dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Ahad (9/4/2023).
Menurut Dudung, pengembangan usaha yang dilakukan oleh BRI Kanca Majalaya adalah pembiayaan berupa penyaluran KUR, pemasangan EDC dan QRIS untuk mensupport layanan keuangan pembayaran dan tentunya keagenan Laku Pandai BRILink sebagai kepanjangan tangan BRI dalam melayani masyarakat sekitar dalam layanan perbankan.
Sementara yang tawarkan Indogrosir, kata dia, adalah penataan barang, pemenuhan barang dagangan, sistem persediaan barang dagangan dan pemesanan yang telah terintegrasi. Sehingga dengan keanggotaan OMI ini pedagang toko difasilitasi layaknya toko modern yang ditunjang dengan di support delivery system yang langsung dikelola oleh Indogrosir.
Menurut Dudung, program OMI ini bukanlah waralaba namun sepenuhnya kemitraan dalam pengembangan masyarakat. Sehingga baik BRI maupun Indogrosir ada tugas melakukan pembinaan dan pengembangan usahanya yang diharapkan OMI terus tumbuh dan berkembang untuk memberi manfaat bagi masyarakat terutama pengelola OMI.
Selain itu, kata Dudung, cara penyetokan barangnya pun langsung online dengan pihak Indogrosir. Sehingga barang-barang apa saja yang harus dipasok oleh Indogrosir. Sistem manajemennya dilakukan melalui pendampingan oleh Indogrosir yang dikelola oleh ownernya sendiri, berbeda dengan sistem waralaba Indomaret atau Alfamart.
“BRI mengembangkan rolemodel dalam business partnership yang saling menguntungkan, terutama pemberdayaan dan pengembangan usaha Mikro serta memberikan manfaat di lingkungan sekitarnya. Yakni, baik dari layanan BRILink maupun pemenuhan kebutuhan secara umum dengan harga terbaik," paparnya.
Sementara menurut Business Development Manager Indogrosir Triardi Kresna, pihaknya menyambut baik kerja sama dengan BRI. Menurutnya, Outlet Mitra Indogrosir (OMI) adalah program pendampingan yang dilakukan Indogrosir kepada calon wirausaha dalam bentuk toko/warung modern. Program ini sejalan dengan BRI yang selama ini terus membina para wirausaha baru termasuk UMKM yang selama ini menjadi penopang perekonomian nasional.
Warung modern ini, kata dia, menggunakan pos dan sistem yang up to date, pos ini berfungsi sebagai pencatatan keluar dan masuk barang dagangan, kontrol inventory barang dan stock opname, order barang dagangan (PB) sesuai barang yang terjual, dapat melihat keuntungan harian dan bulanan, dll).
"Selain itu, didukung IT yang berpengalaman dan 24 jam non stop untuk handle perbaikan software," katanya.
Triardi berharap, kerja sama ini akan terus ditingkatkan hingga di seluruh kantor BRI secara nasional. “Apalagi menjadi rolemodel dalam business partnership yang saling menguntungkan terutama dalam pengembangan usaha Mikro,” katanya.