Senin 10 Apr 2023 15:31 WIB

Wali Kota Bandung Apresiasi Tim Prabu Diaktifkan Kembali

Keberadaan Tim Prabu diharapkan menurunkan angka kriminalitas malam hari di Bandung.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama jajaran Polrestabes Bandung di Pendopo Kota Bandung, Senin (10/4/2023).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama jajaran Polrestabes Bandung di Pendopo Kota Bandung, Senin (10/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut baik langkah Polrestabes Bandung, yang kembali mengaktifkan Tim Prabu. Yana berharap, pergerakan Tim Prabu ini dapat menekan angka kriminalitas di Kota Bandung, Jawa Barat.

“Saya apresiasi karena itu salah satu ikhtiar untuk meningkatkan dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat, dan itu dibuktikan dengan patroli yang masif. Mudah-mudahan angka kriminalitas, khususnya di malam hari, bisa ditekan melalui gerakan ini,” kata Yana, selepas bertemu jajaran Polrestabes Bandung di Pendopo Kota Bandung, Senin (10/4/2023).

Kepala Polrestabes (Kapolrestabes) Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, Tim Prabu sudah mulai aktif sejak Kamis (6/4/2023). Sama seperti sebelumnya, kata dia, fungsi Tim Prabu melakukan patroli rutin dan mengecek tempat-tempat rawan kejahatan atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sudah saya perintahkan Tim Prabu mulai malam ini sampai ke depannya akan aktif kembali untuk mengamankan wilayah Kota Bandung. Tim motoris melaksanakan pengamanan, menjaga keamanan, khususnya kejahatan pada malam hari maupun kegiatan lain, baik itu tawuran, begal, dan lainnya,” kata Kapolrestabes.

Selain Tim Prabu, Kapolrestabes juga meminta personel satuan di polres hingga polsek untuk ikut turun melakukan patroli.

Yana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama jajaran kepolisian juga berkoordinasi untuk memaksimalkan upaya pengawasan melalui kamera CCTV.

“Itu terus kita optimalkan karena tahun ini anggaran untuk pengadaan CCTV juga ditambah. Saya enggak ingat detail nominalnya, tapi kita terus optimalkan pemanfaatan CCTV itu. Patroli Satpol PP, Dishub, dan kepolisian juga terus digencarkan,” kata Yana.

Yana pun mengajak masyarakat turut serta menjaga keamanan. Seperti melakukan siskamling. Menurut Yana, kegiatan siskamling ini dapat menekan peluang, serta ruang gerak pelaku kejahatan. “Siskamling terus kita coba dorong ya, minimal kita bisa pastikan keamanan lingkungan sekitar kita dulu,” ujar dia.

Saat momen mudik Lebaran nanti, Yana mengingatkan masyarakat yang akan meninggalkan rumah agar lebih waspada. “Lebih teliti sebelum meninggalkan rumah, titipkan ke tetangga atau orang terpercaya juga,” kata Yana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement