Selasa 11 Apr 2023 22:51 WIB

Dishub Bekasi Perbaiki Lampu PJU di Jalur Mudik

Perbaikan PJU dilakukan di jalur mudik ruas Jalan Kalimalang Bekasi.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Ruas Jalan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.
Foto: Prayogi/Republika.
Ruas Jalan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memperbaiki lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalur yang biasa dilintasi pemudik. Perbaikan lampu PJU ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik saat melintas.

“Pekerjaan perbaikan lampu PJU ini dilakukan di sejumlah titik yang menjadi jalur lintasan pemudik. Kegiatan ini untuk menambah kelancaran jalur mudik,” kata Kepala Dishub Kabupaten Bekasi Yana Suyatna, Senin (10/4/2023).

Yana mengatakan, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran Rp 2,1 miliar dalam APBD Kabupaten Bekasi 2023 untuk perbaikan lampu PJU ini. “Sudah terpasang tiang lampu PJU, tinggal pemasangan lampu saja untuk persiapan momentum mudik, selesai dalam beberapa hari ke depan,” ujar dia.

Kepala Bidang Prasarana Pengembangan dan PJU Dishub Kabupaten Bekasi Deni Hendra menjelaskan, Dishub hanya berfokus pada PJU di jalur mudik ruas Jalan Kalimalang, yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

“Ada tiga jalur mudik darat, tapi tanggung jawab kami hanya di Jalur Kalimalang. Kalau jalan pantura dan Tol Jakarta-Cikampek itu ranah pemerintah pusat,” kata Deni.

Deni mengatakan, Dishub melakukan perawatan lampu PJU di ruas Jalan Kalimalang mulai dari batas Kota Bekasi hingga Kampus Pelita Bangsa. Perawatan itu meliputi penggantian lampu yang rusak maupun putus.

Sedangkan lampu PJU jenis smart system sudah terpasang di akses jalur pantura atau ruas jalan nasional, yang bisa dimonitor atau diatur secara jarak jauh. 

“Yang menjadi fokus kami juga adalah termasuk melakukan pengaturan dan pengendalian lampu lalu lintas. Hal ini juga untuk mendukung optimalisasi kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini,” kata Deni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement