Jumat 14 Apr 2023 23:28 WIB

Polisi Antisipasi Kemacetan Arus Mudik di Limbangan Garut

Polda Jabar menyebut di jalur Limbangan kerap terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Ibrahim Tompo.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Ibrahim Tompo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Polisi menyoroti potensi kemacetan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2023 di jalur selatan Jawa Barat (Jabar). Salah satu titik yang menjadi sorotan adalah kawasan Limbangan, Kabupaten Garut.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, ada kerawanan kemacetan arus lalu lintas di jalur Limbangan, antara lain karena adanya pasar rakyat. 

“Limbangan itu juga menjadi fokus pengamanan karena sering terjadi macet,” kata Ibrahim di Pos Pengamanan Mudik Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/4/2023).

Ibrahim mengatakan, kepolisian menyiapkan upaya antisipasi kemacetan di jalur Limbangan. Apabila terjadi kemacetan, kata dia, petugas akan menyiapkan pengalihan arus kendaraan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung. “Alternatifnya sudah disiapkan oleh satuan wilayah,” katanya.

Menurut Ibrahim, jumlah pemudik yang melintasi jalur selatan Jabar diperkirakan mengalami peningkatan pada tahun ini. Puncak arus mudik di jalur selatan ini diprediksi terjadi pada H-2 Lebaran.

Ibrahim mengimbau masyarakat yang akan mudik melalui jalur selatan mengatur waktu keberangkatan agar meminimalkan potensi kemacetan. Menurut dia, dengan ditambahnya waktu cuti bersama oleh pemerintah, ada lebih banyak pilihan waktu untuk mudik. 

“Apalagi waktu libur anak sekolah ditarik lebih maju, sehingga bisa terbagi arus lalu lintas ini,” kata Ibrahim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement