Jumat 28 Apr 2023 22:06 WIB

Sukabumi Go Digital, Dorong Lahirnya Wirausaha Baru Pascapandemi

Sukabumi Go Digital merupakan upaya mendongkrak ekonomi daerah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Sukabumi Go Digital.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Ilustrasi Sukabumi Go Digital.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi dengan didukung Pemprov Jawa Barat mendorong lahirnya wirausaha baru. Caranya melalui program Sukabumi go digital (SGD) pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis ekonomi digital.

''Pelatihan digital marketing ini untuk menciptakan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan,'' ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah, Jumat (28/4/2023). Di mana, pendaftaran untuk program ini telah dibuka sejak 14 April 2023 lalu hingga 25 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga

Menurut Reni, pelatihan ini bagian dari program inovasi pendanaan pembangunan kompetitif. Kegiatan ini mendapatkan dukungan Pemprov Jabar, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) dan Bappeda Kota Sukabumi.

Pelatihan digital marketing tersebut lanjut Reni dalam melahirkan wirausaha baru. Sehingga dapat menggerakan perekonomian di daerah dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Di sisi lain, pada tahun ini pupa sebanyak 700 orang wirausaha muda baru ditargetkan lahir di Kota Sukabumi. Hal ini dilakukan melalui program unggulan Sukabumi Kelurahan Enterpreneurship Center (Sukabumi Kece).

''Pada tahun ini pelatihan Sukabumi Kece akan dilaksanakan selama tiga bulan dimulai dari Mei 2023,'' ujar Kepala Diskumindag Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan. Lokasi pelatihan di antaranya di SMKN 3 Kota Sukabumi dan Koperasi Darussalam Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Para peserta kata Agus, dapat memilih tujuh macam bidang pelatihan yang terdiri dari busana, kuliner, kecantikan, membuat foto produk (ULP), perhotelan, zero waste scantries anyaman bambu, dan pertanian. Ia menerangkan tahun ini kuota peserta pelatihan Sukabumi Kece adalah sebanyak 700 orang.

Dengan sasaran peserta yakni warga Kota Sukabumi kisaran usia 16-30 tahun baik yang telah maupun belum memiliki wirausaha. Persyaratan lainnya untuk mengikuti pelatihan ini adalah melampirkan salinan Kartu Keluarga dan KTP serta mengisi formulir pendaftaran online.

''Bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar bisa mendatangi Kantor Bidang Koperasi Diskumindag yang beralamat di Jalan Koperasi Nomor 105,'' ungkap Agus. Cara lainnya dengan memindai QR Code yang disediakan dalam unggahan Instagram @diskumindagkotasukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement