Ahad 30 Apr 2023 23:12 WIB

19 Ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Selatan Sukabumi

Polres Sukabumi sempat menerapkan one way arus kendaraan menuju Palabuhanratu.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: dok. Balawista Sukabumi
(ILUSTRASI) Pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Kawasan wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih menjadi tujuan wisatawan yang berlibur pada Ahad (30/4/2023) ini. Berdasarkan data Polres Sukabumi, hingga Ahad petang terdata sekitar 19.200 wisatawan yang mengunjungi kawasan pantai Sukabumi.

Arus kendaraan wisatawan yang mengarah ke kawasan pantai sudah terpantau sejak Ahad pagi. Polres Sukabumi mendata 4.019 unit kendaraan roda dua, 1.779 unit kendaraan roda empat, serta 31 unit kendaraan jenis truk engkel atau minibus kecil.

Baca Juga

“Kami telah memprediksi akan ada peningkatan kegiatan masyarakat yang berwisata ke kawasan pantai yang ada di Kabupaten Sukabumi pada akhir pekan ini,” ujar Kepala Polres (Kapolres) Sukabumi AKBP Maruly Pardede, melalui Kepala Seksi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman.

Aah mengatakan, personel Polres Sukabumi disiagakan mengatur arus lalu lintas dan mengurai kemacetan menuju kawasan wisata. Skema rekayasa lalu lintas pun diterapkan.

“Untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan, diterapkan pula kebijakan one way dari kawasan wisata menuju Palabuhanratu, yang berlaku selama dua jam dari mulai pukul 14.00 WIB,” kata Aah.

Menurut Aah, merespons ramainya kunjungan wisatawan, Polres Sukabumi berupaya memperkuat pengamanan dan pengawasan di kawasan wisata pantai. Termasuk menyiagakan satu unit kapal patroli untuk melakukan pemantauan dan memberikan imbauan kepada para wisatawan yang beraktivitas di pantai.

Aah mengatakan, Kapolres juga sempat ikut melakukan pemantauan menggunakan kapal patroli dari kawasan Pantai Citepus sampai Pantai Karang Hawu, Cisolok. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement