Sabtu 06 May 2023 15:43 WIB

Sajian 210 Domba Guling di Garut Pecahkan Rekor

210 domba guling itu bisa menjadi sekitar 6.300 porsi yang dapat disantap masyarakat.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Pelaksanaan PHRI Garut Wisata Explore 2023 yang dilaksanakan di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu (6/5/2023). Dalam kegiatan itu, disajikan sebanyak 210 domba guling.
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut
Pelaksanaan PHRI Garut Wisata Explore 2023 yang dilaksanakan di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu (6/5/2023). Dalam kegiatan itu, disajikan sebanyak 210 domba guling.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut menggelar PHRI Garut Wisata Explore 2023 dengan menyajikan ratusan domba guling di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, pada Sabtu (6/5/2023). Kegiatan yang dilakukan berkolaborasi dengan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) itu merupakan bagian dari perayaan Hari Jadi Garut (HJG) ke-210.

Dalam kegiatan itu, terdapat 210 domba guling yang disajikan untuk masyarakat. Sajian 210 domba guling itu sekaligus akan menjadi rekor MURI sebagai Penyajian Domba Guling Terbanyak.

Ketua panitia kegiatan itu, Fiki Radiansyah, menyampaikan kegiatan utama dalam acara ini adalah memecahkan MURI penyajian domba guling terbanyak. Selain itu, dalam acara itu juga terdapat fun rally wisata, di mana pihaknya akan mendatangkan Harley Davidson dari seluruh Indonesia yang akan mengawal Campervan dari seluruh Indonesia menuju salah satu destinasi wisata di Kabupaten Garut yaitu Lamping Cirorek.

"Jadi, kita nggak kalah gitu, nggak kalah Garut ini. Kita mau acara ini biar orang pada tahu Garut, jadi kita di sini dalam rangka promosi pariwisata Garut juga," kata Fiki, yang juga merupakan Sekretaris PHRI Kabupaten Garut, Sabtu.

Fiki mengatakan, PHRI Garut Wisata Explore ini berlangsung selama dua hari. Pada hari ini akan dilaksanakan pembakaran daging domba guling yang kemudian nantinya akan dinikmati. Menurut dia, 210 domba guling itu bisa menjadi sekitar 6.300 porsi yang dapat disantap masyarakat umum secara gratis. 

Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Promosi PHRI Kabupaten Garut, Ato Hermanto, menyampaikan bahwa selain 210 domba guling, PHRI Garut Wisata Explore juga menampilkan 210 unit Harley Davidson, 210 Campervan, dan 210 Indonesian Chef Association (ICA). "Alhamdulilah mudah-mudahan dengan datangnya HDCI (dan) 210 mobil Campervan, ini akan viral, akan menjadi mendunia. Mudah-mudahan dari kegiatan ini, ini adalah merupakan kado ulang tahun khusus Kabupaten Garut ke-210 tahun," kata Ato, yang juga Ketua HDCI Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Agus Ismail mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PHRI. Menurut dia, kegiatan itu merupakan suatu sejarah baru bagi Kabupaten Garut dalam memecahkan MURI penyajian domba guling terbanyak di momen HJG ke-210.

"Ini adalah sumbangsih PHRI yang begitu luar biasa bagi khususnya masyarakat Kabupaten Garut," ujar dia.

Dia berharap, bahwa terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi suatu titik awal kemajuan Kabupaten Garut, khususnya untuk meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung setiap kegiatan yang membuat Kabupaten Garut lebih maju.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement