Jumat 12 May 2023 11:15 WIB

Pemuda Mahasiswa Nusantara Rangkul Warga Tarajusuri Bandung Kuasai Budi Daya Ikan Lele

Ini untuk memenuhi kebutuhan pangan berkualitas dan menciptakan lapangan kerja.

Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) menggelar kegiatan pelatihan budi daya ikan lele, di Kampung Cipendeuy, Desa Tarajusari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) menggelar kegiatan pelatihan budi daya ikan lele, di Kampung Cipendeuy, Desa Tarajusari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) menggelar kegiatan pelatihan budi daya ikan lele, di Kampung Cipendeuy, Desa Tarajusari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Koordinator Wilayah PMN Jawa Barat, Marsus Albar mengatakan, pelatihan budi daya ikan lele dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang berkualitas, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.

“Yang kami lihat pemuda-pemudi di kampung ini kebanyakan berprofesi pertanian atau pabrik. Namun, mereka mulai tertarik di bidang peternakan sehingga kami gelar pelatihan budi daya ikan lele,” kata Marsus, seperti dilansir pada Jumat (12/5/2023). 

Baca Juga

Selain memberikan pelatihan, Marsus menjelaskan, PMN juga memberikan bantuan kepada warga berupa terpal kolam ikan, benih, serta pakan lele. Menurut dia, warga pun antusias dengan kegiatan kali ini.

“Tadi kami juga memberikan bantuan untuk budi daya ikan lele. Alhamdulillah semuanya antusias, mulai dari pemuda hingga orang tua,” ujarnya.

 

Marsus menambahkan kegiatan pelatihan budi daya ikan lele kali ini akan terus dilakukan monitoring oleh pihaknya. Hal ini bertujuan agar budi daya ikan lele memberikan manfaat langsung kepada warga.

“Karena ini pelatihan yang diinisiasi langsung oleh kami, maka otomatis akan dimonitoring sejauh mana perkembangannya,” katanya.

Ketua Karang Taruna Desa Tarajusari, Enang Prabu mengaku senang dengan kehadiran PMN. Menurut dia, kegiatan pelatihan budi daya ikan lele sangat bermanfaat bagi warga.

“Di sini masih banyak yang pekerjaannya belum pasti. Ini kali pertama ada pelatihan, mudah-mudahan kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi warga di sini,” kata Enang.

Sehari sebelumnya, PMN juga menggelar budi daya tanaman melon di Sama Farm, Jalan Untung Suropati, RT 05/07, Kelurahan Cimone Jaya, Kota Tangerang, Banten. 

“PMN menggelar sebuah pelatihan tentang budi daya melon, bekerja sama dengan ketua kelompok pertanian di Cimone Jaya,” kata Koordinator Wilayah PMN DKI Jakarta-Banten Yuda di lokasi.

Dalam kesempatan tersebut, milenial di Kelurahan Cimone Jaya diedukasi tentang tahap-tahap budi daya tanaman melon. Mulai dari pemanfaatan lahan, penyiapan media tanam, penanaman, perawatan tanaman, hingga panen, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement