Senin 15 May 2023 16:07 WIB

Kloter Pertama Calhaj Asal Kuningan Direncanakan Berangkat 30 Mei

Sebanyak 1.009 calhaj asal Kabupaten Kuningan akan diberangkatkan dalam tiga kloter.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Petugas melakukan pemeriksaan calon jamaah haji kloter 6 asal Kabupaten Kuningan. (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas melakukan pemeriksaan calon jamaah haji kloter 6 asal Kabupaten Kuningan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Sebanyak 1.009 orang jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Kuningan akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini. Berbagai pelayanan kepada para calhaj terus dilakukan guna persiapan keberangkatan mereka menjadi tamu Allah.

‘’Calhaj asal Kabupaten Kuningan akan berangkat melalui Asrama Haji Indramayu dan terbang lewat Bandara Kertajati Majalengka,'’ ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Kuningan, Ahmad Sadudin, kepada Republika, Senin (15/5/2023).

Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Ahmad Handiman Romdony, menjelaskan, sebanyak 1.009 calhaj asal Kabupaten Kuningan akan diberangkatkan dalam tiga kloter.

‘’Kloter satu rencananya diberangkatkan pada 30 Mei 2023, kloter dua rencananya 7 Juni 2023 dan kloter tiga rencananya pada 18 Juni 2023,'’ terang Ahmad Handiman.

Dengan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 yang tinggal hitungan hari, berbagai upaya dalam mengoptimalkan pelayanan kepada para calhaj terus dilakukan. Mulai dari proses pelunasan biaya perjalanan haji, proses pembuatan paspor, penyampaian informasi terkait pelaksanaan ibadah haji serta bimbingan manasik haji.

Kementerian Agama pun telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2023. Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama di Masjid At-Taufik, Komplek Kuningan Islamic Centre, pada Sabtu (13/5/2023).

Ahmad Handiman mengungkapkan, bimbingan manasik massal merupakan rangkaian pelaksanaan bimbingan bagi calhaj. Sebelumnya, para calhaj telah melaksanakan manasik tingkat KBIH, manasik dasar di wilayah kecamatan hingga akhirnya bimbingan manasik massal.

Bupati Kuningan, Acep Purnama pun menyampaikan selamat kepada warganya yang pada tahun ini diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. ‘’Setelah menunggu beberapa tahun, kesabaran Ibu dan Bapak terjawab sudah. Saat ini Ibu dan Bapak calon jamaah haji sudah siap lahir batin untuk menjawab panggilan Allah guna menunaikan Ibadah di Tanah Suci,'’ kata Acep, di hadapan para calhaj yang mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Kuningan.

Acep pun berpesan agar para calhaj untuk mengikuti setiap bimbingan dan pembinaan serta segala informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji. Selain itu, mereka diharapkan menjaga kesehatan dan menyiapkan mental serta menjaga kekompakan.

‘’Jadikan momen dan kesempatan ini untuk dapat melaksakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya,’’ tutur Acep.

Sementara itu, kepada para petugas haji yang telah mendapatkan amanah dari pemerintah, Acep juga berpesan agar mereka maksanakan tugas sebaik mungkin. Mereka diminta agar mengutamakan pemberian pelayanan terbaik, serta sabar dan ikhlas dalam menjalankan tugas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement