Ahad 21 May 2023 15:32 WIB

Kepada Relawan, Anies Baswedan Bicara Persoalan Mafia di Berbagai Sektor

Anies Baswedan juga menyinggung mafia proyek pemerintah.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Irfan Fitrat
Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menuding adanya praktik mafia di berbagai sektor di Indonesia. Ia meminta mafia-mafia itu untuk diusut.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan di hadapan kelompok relawannya saat kegiatan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad (21/5/2023).

Baca Juga

“Mafia-mafia ini berderet. Ada urusan mafia tanah, mafia parkir, mafia kesehatan, mafia perumahan, mafia pemilu, mafia bansos, mafia proyek pemerintah,” kata Anies Baswedan.

Soal proyek pemerintah, baru-baru ini diungkap kasus dugaan korupsi proyek pembangunan dan penyediaan infrastruktur BTS 4G BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kasus itu menyeret Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, yang juga sekretaris jenderal Partai Nasdem.

Anies mengaku sepakat dengan pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bahwa kasus tersebut harus diselidiki sampai tuntas secara transparan. 

Ia juga meminta tidak ada intervensi politik dalam upaya penegakan hukum ini. “Semua yang terlibat harus diperiksa, dorong transparansi, jangan biarkan mereka melenggang tidak dimintai pertanggungjawabannya,” kata Anies.

Anies meyakini, jika mafia-mafia di berbagai sektor ini dapat diberantas, akan berimbas terhadap kesejahteraan masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement