Senin 22 May 2023 10:41 WIB

Ramai-Ramai Acungi Jempol Atas HPN Jabar di Karawang

HPN di Karawang bernuansakan budaya

Tarian Pasanggiri Jaipong Nyi Ronggeng dalam peringatan HPN 2023 di Kabupaten Karawang, Sabtu (20/5/2023) malam.
Foto: Dedi Junaedi/Republika
Tarian Pasanggiri Jaipong Nyi Ronggeng dalam peringatan HPN 2023 di Kabupaten Karawang, Sabtu (20/5/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang berlangsung di Kabupaten Karawang, dinilai paling sukses. Seluruh rangkaian kegiatan Peringatan HPN yang berlangsung 20-21 Mei 2023 dibingkai dengan nuansa budaya dan pariwisata Karawang.  

photo
Puncak peringatan HPN 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang, 20-21 Mei 2023. - (Istimewa)

Setidaknya Ketua Umum Pengurus PWI Pusat Atal S Depari, Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, serta Kepala Diskominfo Provinsi Jabar Ika Mardiah menyampaikan pujiannya atas keberhasilan acara peringatan HPN 2023 secara langsung di atas panggung acara. Di balik kesuksesan itu ada peran dukungan sejumlah pihak.

Di antaranya, Pemprov Jabar,  Pemkab Karawang, Bank BJB, Bank BJB Syariah, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), PT Migas Utama Jabar, Yamaha, Summarecon Bandung, PT Pos Indonesia, Djarum Foundation, serta Star Energy.

Ketua Umum Pengurus PWI Pusat Atal S Depari mengaku takjub atas perayaan HPN tingkat Jawa Barat (Jabar) 2023. Menurut dia, rangkaian HPN tingkat Jabar di Karawang sangat besar dan luar biasa. Dengan disuguhkan pagelaran seni budaya asal Karawang hingga budaya delegasi negara.

Panitia HPN 2023 juga menghadirkan ajang bazar UMKM. Ada pula tarian Pasanggiri Jaipong Nyi Ronggeng dan penari dari tiga negara, yaitu India, Singapura, dan Korea Selatan. Negara negara tersebut merupakan negara anggota Federation Of Internasional Dance Festival (FIDAF).

''Luar biasa acara seperti ini, ini acara sangat besar. Saya lihat rangkaian acara di HPN di Karawang saya ingin katakan ini miniaturnya HPN di Medan, hebat,’’ kata Atal di acara Napak Jagat Tarumanegara di Street Carnival Galuh Mas Karawang, Sabtu (20/5/2023).

Menurutnya, HPN tingkat Jabar di Karawang ini bisa menjadi inspirasi baru setiap pelaksanaan HPN tingkat provinsi. Sebab, puncak perayaan HPN itu rangkaian acaranya biasanya itu ada pameran, pesta rakyat dan seminar yang sangat melelahkan. HPN di Karawang justru berbeda, yakni dipenuhi gebyar kebudayaan.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyampaikan terima kasih atas kepercayaan memilih Kabupaten Karawang sebagai tuan rumah kegiatan HPN tingkat Jabar. Kegiatan ini dibangun dengan sebuah kolaborasi dan sinergitas semua elemen. Mulai dari Pemkab Karawang, Polres Karawang, Kodim 0604 Karawang, DPRD Karawang, hingga tokoh seni budaya dari LSM Lodaya.

Kegiatan ini diharapkan mampu berdampak positif bagi ekonomi, budaya, sosial, dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat. ‘’Kami ucapkan selamat dan sukses,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement