Selasa 23 May 2023 22:47 WIB

Amankan Uji Coba Kereta Cepat, Polrestabes Bandung Fokus di 15 Titik

Masyarakat diimbau tidak mendekati jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Rangkaian kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT) melaju di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat uji coba di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/2/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Rangkaian kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT) melaju di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat uji coba di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Polrestabes Bandung, Jawa Barat, mengerahkan puluhan personel untuk melakukan pengamanan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Sejumlah personel Polrestabes Bandung disiagakan untuk melakukan pengamanan di sekitar area jalur atau lintasan kereta cepat.

Kepala Polrestabes (Kapolrestabes) Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, sejak pekan lalu, jajaran Polrestabes Bandung bersama instansi lainnya melakukan pengecekan jalur kereta cepat, yang masuk wilayah Kota Bandung.

Baca Juga

“Terdapat 15 titik yang menjadi fokus pengamanan dari kami agar proses uji coba KCJB ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kapolrestabes saat meninjau pengamanan jalur kereta cepat di wilayah Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/05/2023).

Selain melakukan pengamanan, Kapolrestabes mengatakan, petugas gabungan juga terus mengimbau masyarakat agar tidak mendekati area jalur kereta cepat. Pasalnya, kata dia, ada potensi kerawanan yang dapat membahayakan masyarakat, seperti aliran listrik tegangan tinggi.

 

Kapolrestabes mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengamanan di jalur kereta cepat, termasuk dari potensi terjadinya tindak kriminal. Menurut dia, upaya pengamanan akan dilakukan secara berkelanjutan. 

“Kita akan mengawal proyek nasional ini agar berjalan lancar, mulai dari tahap uji coba, peresmian sampai dengan beroperasi nanti,” kata Kapolrestabes.

 

photo
Rangkaian kereta inspeksi melaju di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melaju saat uji coba di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/2/2023). PT KCIC melakukan uji fungsi (testing and commissioning) dengan meningkatkan secara bertahap laju perjalanan CIT KCJB, dari sebelumnya rata-rata 60 kilometer per jam menjadi 180 kilometer per jam. - (Abdan Syakura/Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement