Rabu 24 May 2023 13:10 WIB

PKL dan Hewan Peliharaan Dilarang Ada di CFD Bandung

CFD baru akan digelar di Jalan Dago, sedangkan tempat lainnya bertahap.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- DPRD Kota Bandung memastikan kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Ir H Djuanda atau Dago, Kota Bandung akan kembali digelar pada awal Juni mendatang. Hanya saja, para pedagang kaki lima (PKL) dilarang berjualan di lokasi tersebut dan pengunjung dilarang membawa hewan peliharaan.

"Pertama CFD akan diadakan Insya Allah bulan Juni hasil kesepakatan," ujar Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan saat dihubungi, Rabu (24/5/2023).

 

photo
Pemerintah Kota Bandung akan menggelar hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) pada Juni 2023 dengan mempertimbangkan sejumlah faktor untuk pelaksanaannya. (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

 

Dia mengatakan, petugas dinas perhubungan akan melakukan sosialisasi hingga akhir Mei mendatang. Car Free Day akan kembali digelar sebagai ruang interaksi masyarakat, dan mengurangi polusi kendaraan.

Mereka yang dilarang ada di kawasan CFD yaitu PKL dan pengunjung membawa hewan peliharaan. Dia berharap, kegiatan CFD mendatang dapat terlaksana dengan lancar.

"Di perwal yang tidak diperkenankan ada PKL di kawasan CFD dan hewan peliharaan," katanya.

Sejauh ini, dia menuturkan, CFD baru akan digelar di Jalan Dago. Sedangkan di tempat lainnya seperti di Jalan Buahbatu akan dilakukan bertahap dan melihat kondisi situasi.

Dia mengatakan, pemerintah telah berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Kodim 0618 Kota Bandung. Diharapkan kegiatan CFD berjalan dengan lancar dan aman.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memastikan kegiatan Car Free Day (CFD) di Kota Bandung akan digelar awal Juni. Sejumlah persiapan dan pengaturan lalu lintas tengah dibahas termasuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti diketahui, kegiatan Car Free Day sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Setelah pandemi melandai, Car Free Day masih belum digelar kembali. Car Free Day di Kota Bandung biasa dilaksanakan di Jalan Ir H Djuanda dan Jalan Buahbatu Bandung.

"Rencana di awal Juni," ujar Kabid Keamanan dan Ketertiban Transportasi (KKT) Dishub Kota Bandung Asep Koswara saat dihubungi, Rabu (24/5/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement