Selasa 30 May 2023 05:14 WIB

Peserta Program Kartu Prakerja Lewat Bukalapak Capai 4 Juta, Paling Banyak Asal Jabar

Jabar provinsi tertinggi di Indonesia dengan peserta Program Kartu Prakerja terbanyak

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Salah satu alumni Prakerja asal Bandung, Nitto menunjukkan aplikasi Program Kartu Prakerja.
Foto: Istimewa
Salah satu alumni Prakerja asal Bandung, Nitto menunjukkan aplikasi Program Kartu Prakerja.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 4 juta peserta Program Kartu Prakerja telah membeli voucher untuk mengikuti kelas-kelas pelatihan Kartu Prakerja melalui marketplace Bukalapak. Bukalapak menjadi salah satu mitra digital platform Kartu Prakerja.

Menurut Head of Virtual Products Bukalapak, Nungky Aprilia, sejak 2020 Bukalapak ikut berpartisipasi sebagai salah satu mitra digital platform Kartu Prakerja. "Total sudah ada 4 juta yang sudah membeli voucher Kartu Prakerja di Bukalapak," ujar Nungky Aprilia, di Kota Bandung, Senin (29/5/2023).

Nungky menjelaskan, Jabar merupakan provinsi tertinggi di Indonesia dengan peserta Program Kartu Prakerja terbanyak yang mengakses pelatihan lewat Bukalapak pada 2020-2023. 

“Di tahun 2023, lebih dari 27 persen peserta pelatihan Program Kartu Prakerja berasal dari Jabar dengan Kota Bandung sebagai kontributor terbanyak,” katanya.

Menurutnya, partisipasi Bukalapak dalam Program Kartu Prakerja merupakan bagian dari perwujudan misi perusahaan. Karena, melalui kapabilitas teknologi yang dimiliki, Bukalapak berupaya menghadirkan akses inklusif bagi semua lapisan masyarakat dari berbagai usia dan latar belakang pendidikan untuk memperkuat kapabilitas diri. 

"Partisipasi Bukalapak di dalam program Kartu Prakerja merupakan bagian dari perwujudan misi perusahaan," katanya.

Bukalapak, kata dia, memiliki misi untuk menciptakan kesempatan yang sama bagi semua orang di Indonesia melalui berbagai produk dan layanannya. "Partisipasi kami di Prakerja adalah kesempatan yang sangat tepat bagi kami untuk mencapai tujuan ini," katanya.

Melalui kapabilitas teknologi yang dipunyai, kata dia, pihaknya berupaya menghadirkan akses inklusif bagi semua lapisan masyarakat dari berbagai usia dan latar belakang pendidikan, ke kesempatan untuk memperkuat kapabilitas diri. 

"Kami juga antusias dan bangga dapat bermitra dengan Prakerja serta berkolaborasi dengan para LP, salah satunya Kariermu. Semoga kerjasama kami melalui Prakerja dapat terus membuka jalan bagi masyarakat untuk meraih kesempatan mengambangakn karir dan usaha di berbagai bidang," papar Nungky.

Bukalapak, selaku mitra digital platform Prakerja dan Kariermu selaku salah satu Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja berkolaborasi dalam memperluas kapabilitas dalam berkarir serta berbisnis bagi masyarakat Indonesia yang mengikuti program Kartu Prakerja.

Menurut salah satu alumni prakerja asal Bandung, Nitto yang bekerja di ruang lingkup data entry untuk sebuah perusahaan Telco, dirinya mengikuti program Kartu Prakerja didorong oleh keinginannya untuk menambah keterampilan data entry dan pembuatan laporan dengan Microsoft Excel. Nitto memutuskan untuk mengikuti kelas “Mengoperasikan Microsoft Excel untuk Entri Data”.

Saat mengikuti kelas ini, Nitto jadi mengetahui bahwa ada cara-cara yang lebih cepat dan mudah untuk melakukan data entry. Ia pun, belajar soal digital marketing.

"Saya membantu usaha istri, setelah ikut pelatihan penjualannya bisa meningkat karena ilmu yang saya dapat di pelatihan diterapkan," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement