Kamis 29 Jun 2023 12:25 WIB

Sholat Perdana Idul Adha di Masjid Raya Al Jabbar Diikuti Puluhan Ribu Jamaah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengikuti sholat Idul Adha di Masjid Raya Al Jabbar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Umat muslim melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Umat muslim melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Masjid Raya Al Jabbar untuk pertama kalinya menjadi tempat pelaksanaan sholat Idul Adha tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Kamis (29/6/2023) ini. Ada puluhan ribu jamaah yang mengikuti sholat Id di masjid wilayah Gedebage, Kota Bandung, itu. Termasuk Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Gubernur Ridwan Kamil mengikuti sholat Id bersama istri dan kedua anaknya. “Jumlah jamaah diperkirakan banyak, hese ngitungnya (susah menghitungnya). Ribu-ribuan karena kapasitas Al Jabbar hampir mendekati 40 ribu. Kalau setengahnya di luar, kurang lebih segitu,” kata gubernur yang akrab disapa Emil itu.

Sebagai ketua DKM Masjid Raya Al Jabbar, Emil memberikan sambutan kepada para jamaah. Ia mengajak para jamaah bersyukur karena pada momen Idul Adha 2023 ini Covid-19 mereda dan aktivitas kembali normal.

“Minggu lalu, tanggal 21 Juni, dinyatakan Covid-19 tidak ada lagi sebagai pandemi di bumi nusantara ini. Semua tidak perlu pakai masker lagi, semua bisa berkegiatan lagi,” kata Emil.

 

 

photo
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama keluarganya mengikuti sholat Idul Adha di Masjid Raya Al-Jabbar, Kamis (29/6/2023). - (Republika/Arie Lukihardianti)

 

Dengan berakhirnya status pandemi, Emil menilai, ada beberapa hikmah yang bisa diambil masyarakat. 

“Mari kita ambil hikmahnya bahwa kita pernah mengalami dua tahun lebih hidup yang sulit, ibadah yang sulit. Kita kehilangan 15 ribu yang kita cintai, berpulang ke rahmatullah. Sekarang cobaan itu sudah Allah cabut. Oleh karena itu, mari kita syukuri,” ujar Emil

 

photo
Jamaah bersiap untuk melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Raya Al Jabbar, Kamis (29/6/2023). - (Abdan Syakura/Republika)

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement