Jumat 30 Jun 2023 14:26 WIB

Golkar: Ridwan Kamil Komitmen Dukung Airlangga

Nama Airlangga Hartarto juga masuk dalam radar bakal cawapres untuk Ganjar.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F Paulus.
Foto: Dok. DPR RI
Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F Paulus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F Paulus menanggapi nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang disinggung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo. Diketahui, Ridwan Kamil sendiri saat ini merupakan kader dari Partai Golkar.

Dia mengatakan, nama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga masuk dalam radar bakal cawapres untuk Ganjar. Di samping itu, dia menegaskan, komitmen Ridwan Kamil mendukung Airlangga pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kita pegangnya itu, pak Ridwan Kamil komit mendukung Pak Airlangga," tegas Lodewijk kepada wartawan dikutip Jumat (30/6/2023).

Partai Golkar sendiri masih mendorong Airlangga untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Hal tersebut merupakan amanat Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar pada 2017 dan dikuatkan kembali di rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada 2021.

"Partai Golkar kita punya skenario, punya cerita sendiri. Saya katakan kita tetap seperti itu," ujar Lodewijk.

Di samping itu, dia menegaskan, bahwa Partai Golkar masih merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dia enggan menjawab tegas ihwal peluang Partai Golkar bergabung dengan koalisi pengusung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

"Sementara kita masih dengan KIB, KIB kan ada Partai Golkar, ada Partai Persatuan Pembangunan, dan ada Partai Amanat Nasional. Kita masih bertiga kok," tegas Wakil Ketua DPR itu.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto berharap, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Karena, Ridwan Kamil dinilai sangat mencintai sosok Soekarno.

Menurut Hasto Kristiyanto, kecintaan Ridwan Kamil pada sosok Soekarno tercermin dari beberapa monumen yang telah dibangun untuk Presiden pertama Indonesia ini. Termasuk terbaru di Taman Saparua, Kota Bandung.

"Ini ada 11 monumen (inisiatif) Bung Karno yang telah beliau (Ridwan Kamil) gagas dan di kemudian dibangun dengan sangat baik, tidak hanya di Indonesia tapi juga Aljazair," ujar Hasto usai acara groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di GOR Saparua, Bandung, Rabu (28/6/2023).

Hasto mengatakan, sosok Ridwan Kamil bisa saja menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Terkait, pantun yang disampaikan untuk Ridwan Kamil soal bakal cawapres Ganjar benar adanya dan tidak bercanda. Bahkan, PKS juga menyebutkan Ahmad Heryawan sebagai bakal cawapres.

"Maka, dari Bandung ini yang kami harapkan karena hari bergelora ide pemikiran dan semangat dari Bung Karno untuk kita gali kembali maka yang saya sampaikan adalah cermin dari hal tersebut," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement