Senin 10 Jul 2023 17:42 WIB

Warga Tertimbun Longsor di Peundeuy Garut Ditemukan Meninggal Dunia

Sebelumnya, korban dilaporkan tertimbun longsor ketika sedang mencuci piring.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang warga yang dilaporkan tertimbun longsor di Desa Sukanagara, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Senin (10/7/2023). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.
Foto: Dok. Kantor SAR Bandung.
Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang warga yang dilaporkan tertimbun longsor di Desa Sukanagara, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Senin (10/7/2023). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seorang warga Desa Sukanagara, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, yang dilaporkan tertimbun longsor, pada Senin (10/6/2023) siang. Korban atas nama Yayah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satrua Budi mengatakan, korban ditemukan pada sekitar pukul 14.10 WIB. Keberadaan korban ditemukan dengan ekskavator yang diterjunkan untuk proses pencarian di lapangan. 

"Pukul 14.22 WIB korban dievakuasi dan salanjutnya dibawa ke rumah duka," kata dia melalui keterangan tertulis kepada Republika, Senin sore.

Seusai korban ditemukan, operasi SAR dihentikan pada sekitar pukum 15.05 WIB. Seluruh unsur SAR yang terlibat dalam proses pencarian dikembalikan ke satuan masing-masing. 

 

Sebelumnya, korban dilaporkan tertimbun longsor ketika sedang mencuci piring di pinggir kolam pada Sabtu (8/7/2023). Seusai mendapat laporan itu, tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian di lokasi kejadian. 

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kamtor SAR Bandung, Supriono, mengatakan proses pencarian korban pada Senin, dilakukan dengan membagi tim ke dua sektor. Di sektor satu, pencarian menggunakan alat berat atau ekskavator dengan luas area 78 meter. Sedangkan sektor dua pencarian menggunakan tiga unit alkon dengan luas area 126 meter.

"Selain itu, pencarian di hari ketiga ini dilaksanakan pencarian dengan dua satwa K9 yang berasal dari Yon Raider 300 Brawijaya, Cianjur," kata dia. 

Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain Kantor SAR Bandung, Bromob Polda Jabar, BPBD Garut, Tagana Garut, Polsek Singajaya, dan Jabar Quick Response. Pencarian juga dibantu oleh petugas dan warga setempat.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement