Senin 17 Jul 2023 13:13 WIB

Hari Pertama Masuk Sekolah di Indramayu, Orang Tua Berebut Bangku Siswa

Ada orang tua yang mengikat bangku siswa dengan tali rafia.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Orang tua berebut bangku siswa di sekolah.
Foto: dok. istimewa
(ILUSTRASI) Orang tua berebut bangku siswa di sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sejumlah orang tua siswa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, berebut kursi siswa pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2023/2024, Senin (17/7/2023). Ada orang tua yang sudah berada di sekolah sejak subuh, bahkan ketika gerbang sekolah masih dikunci.

Seperti terjadi di SDN 4 Kedokanagung, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu. Sejumlah orang tua datang bersama anak mereka yang sudah berseragam lengkap, meskipun suasana masih gelap.

Ketika penjaga sekolah membuka pintu gerbang, sejumlah orang tua siswa langsung menyerbu ruang kelas dan berebut bangku siswa di jajaran depan untuk anak mereka. Posisi bangku di jajaran depan menjadi rebutan karena dinilai dapat mendukung pembelajaran anak dan prestasinya. 

Akibat rebutan bangku siswa, sejumlah orang tua sempat terlibat cekcok. Sejumlah orang tua berupaya mengamankan bangku dan meja dengan mengikatnya dengan tali rafia agar tidak direbut oleh yang lain.

Ada juga orang tua siswa yang menempelkan kertas bertuliskan nama anak mereka. Kertas itu menjadi penanda bangku tersebut sudah ada yang menempati. Bahkan, ada juga yang menuliskan agar bangku atau meja itu agar jangan direbut.

Para orang tua tidak beranjak dari sekolah hingga jam sekolah dimulai. Beberapa di antaranya sampai sarapan di sekolah, juga anak-anak mereka.

Salah satu orang tua siswa, Karmi, mengaku sengaja mencarikan tempat duduk paling depan untuk anaknya. Ia menilai, tempat duduk paling depan akan membuat anaknya lebih berkonsentrasi dalam belajar.

“Biar belajarnya lebih fokus. Komunikasi dengan guru juga jadi lebih mudah,” kata Karmi.

Hal senada diungkapkan Surtini. Karena itu, ia rela datang ke sekolah sejak sekitar pukul 04.00 WIB. “Ya, tadi berebut, pengin dapet bangku paling depan buat anak,” ujar Surtini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement