Jumat 21 Jul 2023 00:31 WIB

Dipanggil PDIP, Budiman Sudjatmiko: Tak Ada Masalah

Kader mendatangi calon lain itu, namanya melakukan perlawanan pada keputusan partai.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko berbicara dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman mantan Danjen Kopassus itu di Jakarta, Selasa (18/7/2023) malam.
Foto: Dok Tim Media Prabowo
Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko berbicara dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman mantan Danjen Kopassus itu di Jakarta, Selasa (18/7/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko mengatakan, bahwa diskusi merupakan hal yang biasa dilakulannya. Termasuk, berdiskusi dengan orang yang dianggap berseberangan. Dalam hal ini adalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. 

Dia pun tak mempermasalahkan DPP PDIP yang akan memanggilnya pada Agustus mendatang. "Eggak ada masalah. Saya kira diskusi dengan partai tidak apa-apa, dipanggil. Saya kan juga ngobrol-ngobrol juga dengan yang lain, itu kan pemanggilan resmi ya," ujar Budiman lewat pesan suara Kamis (20/7/2023).

"Kalau saya kan biasa diskusi dengan banyak kalangan. Diskusi dengan banyak kalangan itu biasa, baik yang terekspos dan tidak terekspos," sambungnya.

Ketua Bidang PDIP Komarudin Watubun menegaskan, bahwa partainya mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres). Jika ada kader yang mendatangi bakal capres lain, berarti kader tersebut melanggar keputusan partai.

PDIP akan memanggil Budiman Sudjatmiko. Pemanggilan tersebut untuk mengklarifikasi pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Ketika kader mendatangi calon lain itu, namanya melakukan perlawanan terhadap keputusan partai dan itu harus diminta pertanggungjawabannya," ujar Komarudin saat dihubungi, Rabu (19/7/2023).

Terkait segala keputusan partai, ia meminta seluruh kader PDIP untuk mematuhinya. Termasuk dalam hal berorganisasi yang seharusnya sangat dimengerti oleh Budiman.

"Saya kira semua orang dari sabang sampai Merauke, bahkan dunia tahu bahwa calon PDI perjuangan itu Ganjar Pranowo," ujar Komarudin.

Dewan Pengurus Partai (DPP) PDIP berencana memanggil Budiman pada awal Agustus mendatang. Mengingat, dirinya yang merupakan anggota Komisi II DPR tengah menjalani masa reses.

"Orang sekelas Budiman Sudjatmiko kan orang harus mengerti organisasi toh. Jadi ketika dia beranggotakan partai dan bicara masalah politik, kebijakan politik, terutama soal presiden, itu kan bicara soal urusan partai," ujar Komarudin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement