Rabu 26 Jul 2023 14:33 WIB

Layanan Penerbangan Dipindah, AP II: Bandara Husein dan Kertajati Dioptimalkan

AP II menyebut Bandara Husein dan Kertajati akan saling mendukung.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Calon penumpang berfoto di area apron Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/7/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Calon penumpang berfoto di area apron Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Layanan penerbangan komersial di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, rencananya dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Meski demikian, Angkasa Pura (AP) II menyebut kedua bandara itu akan sama-sama dioptimalkan.

“Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Kertajati beroperasi untuk saling mendukung satu sama lain,” kata VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro, saat dihubungi Republika, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga

Menurut Asmoro, Bandara Husein dan Bandara Kertajati akan dioptimalkan untuk memperkuat konektivitas penerbangan. “Kedua bandara ini akan dioptimalkan untuk memperkuat konektivitas penerbangan dan memberikan kemudahan transportasi udara bagi masyarakat Jawa Barat dan bersama-sama menjadi penggerak roda perekonomian di Jawa Barat,” ujar dia.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengungkapkan BIJB di Kertajati, Majalengka, akan beroperasi penuh pada Oktober 2023. Karena itu, layanan penerbangan dari Bandara Husein akan dipindah ke Kertajati. “Artinya, (layanan penerbangan) dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet,” ujar Presiden.

 

Soal rencana pemindahan layanan penerbangan itu, Asmoro mengatakan, AP II sudah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Kertajati. Koordinasi dilakukan untuk mempersiapkan berbagai aspek operasional maupun layanan di bandara tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement