Jumat 28 Jul 2023 21:08 WIB

FK Unjani-RBC Imbau Kaum Wanita Deteksi Dini Kanker Serviks

FK Unjani bersama RBC mengadakan kegiatan edukasi soal kanker serviks.

Kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi dan deteksi kanker serviks yang digelar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) bersama klinik Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) Sinergi Foundation di klinik RBC, Jalan Holis, Kota Bandung, Sabtu (22/7/2023).
Foto: Dok Sinergi Foundation
Kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi dan deteksi kanker serviks yang digelar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) bersama klinik Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) Sinergi Foundation di klinik RBC, Jalan Holis, Kota Bandung, Sabtu (22/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) bekerja sama dengan klinik Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) Sinergi Foundation untuk memberikan edukasi ihwal kanker serviks dan kesehatan reproduksi. Lewat kegiatan pengabdian masyarakat, FK Unjani dan RBC menekankan pentingnya kaum wanita untuk melakukan deteksi dini kanker serviks.

Salah satu dokter dan praktisi kesehatan di klinik RBC, dr Sari Rakhmani Purwandari, mengapresiasi kerja sama yang dijalin bersama FK Unjani. Menurut dia, hal ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran kaum perempuan dalam upaya pencegahan kanker serviks.

“Pengabdian masyarakat atas kerja sama FK Unjani ini sangat bermanfaat bagi member RBC sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan kanker serviks. Semoga ke depannya acara seperti ini bisa rutin dikerjakan agar bisa waspada dan mencegah kanker serviks yang sering terjadi pada wanita,” kata Sari. 

Dalam keterangan tertulis Sinergi Foundation, kegiatan pengabdian masyarakat itu digelar di klinik RBC, Jalan Holis, Caringin, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, pada Sabtu (22/7/2023). Kegiatan berjudul “Penguatan Pengetahuan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dalam Upaya Penurunan Angka Kesakitan dan Kematian di Kota Bandung” itu melibatkan para member RBC.

Dihadirkan empat dokter dan praktisi kesehatan untuk memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi, yaitu Dr Jeffry Iman Gunadi, dr Sp.OG (K) MKes; Ifa Siti Fasihah dr Sp.OG, Lina Marlinawati dr Sp.OG; dan Mirza Ismail dr Sp.OG. Selain itu, dilaksanakan deteksi kanker serviks dengan IVA test.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada leher rahim. Setiap wanita berpotensi mengalami kanker serviks. Karenanya, dokter Lina Marlinawati mengimbau kaum wanita melakukan deteksi dini kanker serviks. Dengan begitu, ketika terdeteksi, kanker serviks bisa segera ditangani sebelum masuk stadium lebih tinggi.

Dalam kegiatan itu, deteksi kanker serviks menggunakan IVA test. Dokter dan praktisi kesehatan, Jeffry Iman Gunadi, menyebut IVA test merupakan media deteksi dini yang mudah dan terbilang akurat. Tes tersebut dinilai aman untuk semua wanita. “Pemeriksaan IVA test mudah, sederhana, tapi mempunyai nilai diagnostik yang baik,” kata Jeffry.

Kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi dan pemeriksaan kanker serviks ini disambut baik member RBC. Salah satu member RBC,  Wina Suwina, bersyukur bisa menjalani tes deteksi kanker serviks tanpa perlu mengeluarkan biaya. “Tegang karena baru pertama kali. Saya lega karena saya tahu hasilnya, alhamdulillah (sehat),” ujar Wina.

Selain menjalani deteksi kanker serviks, para member RBC juga mendapat pengetahuan soal kesehatan reproduksi. “Setelah saya ikut tes, rasanya senang, jadi plong, sehat atau tidaknya, jadi enggak khawatir lagi. Alhamdulillah, dapat ilmu baru,” ujar Daelani, member RBC. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement